Bagikan:

YOGYAKARTA – Sauna dilakukan untuk relaksasi. Namun banyak orang beranggapan bahwa sauna bisa membakar kalori sehingga mampu melangsingkan tubuh. Menurut data yang sangat sedikit, sauna selama 10-20 menit dapat meningkatkan pembakaran kalori, apakah benar dan berapa banyak kalori terbakar?

Sauna berupa sebuah ruangan yang suhunya dikontrol antara 65-90 derajat Celsius. Terdapat dua macam sauna, yaitu sauna basah dan kering. Sauna kering biasanya terletak di tempat gym atau spa. Sauna di gym digunakan untuk mengendurkan otot setelah berolahraga. Sauna merupakan tempat relaksasi, sehingga orang biasanya akan duduk di bangku. Suhu dapat disesuaikan, tergantung pada sauna dan apakah itu umum atau pribadi, dan disarankan atau diwajibkan untuk mengenakan pakaian renang atau beberapa sauna mengizinkan ketelanjangan penuh. Orang mungkin menghabiskan waktu antara 10 dan 20 menit di sauna, tergantung pada toleransi panas mereka.

fakta rutin sauna bisa melangsingkan
Ilustrasi fakta rutin sauna bisa melangsingkan (Freepik/gpointstudio)

Tubuh membakar kalori sepnajang waktu bahkan saat Anda istirahat. Berada di dalam sauna, menyebabkan tubuh berkeringat. Tubuh yang mencoba mendinginkan suhu, atau beradaptasi dengan suhu ruangan, ini menyebabkan peningkatan pengeluaran kalori. Penelitian tentang seberapa efektif dan berapa banyak kalori terbakar karena sauna dalam waktu tertentu, sangatlah sedikit. Pada penelitian yang tidak cukup besar, dilansir VerywellHealth, Jumat, 23 Februari, menunjukkan bahwa kalori yang dibakar bergantung banyak faktor. Penelitian ini mengamati waktu di sauna dan indeks massa tubuh (BMI).

Di dalam sauna kering pria muda tidak banyak bergerak melakukan empat sesi selama 10 menit dan 5 menit di antaranya. Pria tersebut membakar sekitar 73 kalori dalam sesi 10 menit eprtama. Pada sesi keempat, rata-rata kalori yang dibakar meningkat menjadi 134. Pria dengan BMI lebih tinggi membakar sekitar 20 kalori lebih banyak dibandingkan rata-rata pada sesi terakhir.

fakta rutin sauna bisa melangsingkan
Ilustrasi fakta rutin sauna bisa melangsingkan (Freepik)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak faktor yang memengaruhi jumlah kalori yang terbakar. Jenis kelamin dan usia termasuk di antaranya. Penurunan berat badan saat sesi sauna terjadi melalui hilangnya cairan tubuh lewat keringat. Mungkin ada efek kecil pada penurunan berat badan akibat pembakaran simpanan energi. Penelitian yang dilakukan di Polandia, mengamati penurunan berat badan setelah menggunakan sauna kering pada remaja putra dan putri berusia 19-20 tahun. Mereka ditempatkan di sauna selama dua sesi masing-masing 10 menit, dengan cooldown 5 menit setelahnya.

Remaja dalam penelitian ini kehilangan massa tubuh karena kehilangan cairan. Orang dengan BMI lebih tinggi kehilangan lebih banyak air dan lebih mungkin mengalami dehidrasi. Penulis dalam penelitian ini, menekankan bahwa menghidrasi selama sesi sauna penting untuk mencegah dehidrasi.

Penelitian lainnya, dilakukan terhadap pria muda. Mereka kehilangan massa tubuh setelah bersauna. Namun hal ini Sebagian besar karena hilangnya cairan tubuh melalui keringat. Sekali lagi, peserta penelitian dengan massa tubuh lebih tinggi dan luas permukaan tubuh lebih banyak kehilangan lebih banyak cairan.

Itulah penjelasan mengenai seberapa banyak kalori terbakar dan efektifkah sauna melangsingkan tubuh. Dari penjelasan di atas, dipahami bahwa turunnya massa tubuh karena kehilangan cairan. Meskipun sejumlah kalori terbakar, tetapi tetap penting mengupayakan penurunan berat badan secara sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sauna sendiri, bermanfaat meningkatkan relaksasi, penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, darah rendah, dan mengurangi potensi terkena penyakit paru-paru.