Rutin Perawatan Kulit, Apakah Perlu? Begini Jawaban Ahli
Ilustrasi perlunya rutin merawat kulit (Pexels/Shiny Diamond)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perawatan kulit mengingatkan pada kondisi kulit kering, deretan produk kecantikan yang semuanya menawarkan keunggulan, dan kanker kulit. Ketiga kondisi tersebut mengharuskan seseorang untuk mengetahui seberapa pentingnya mengatasi masalah kulit dengan menggunakan produk perawatan dan kecantikan sehingga kulit tetap sehat.

Menurut Steven New, DO, seorang dokter kulit, merawat kulit secara rutin merupakan salah satu cara berinvestasi untuk kesehatan kulit. Rutin merawatnya tidak hanya membuat kulit bertahan dengan perubahan musim, tetapi juga membuat Anda terlihat baik sepanjang tahun. Untuk melakukan perawatan kulit secara rutin, kenali dulu jenis kulit Anda. Apakah berjenis kering, berminyak, normal, atau kombinasi, ini memengaruhi produk dan dengan cara bagaimana Anda merawat kulit.

Agar kulit sehat dengan rutinitas perawatan, jenis produk berikut yang benar-benar Anda butuhkan dalam menjaga kulit sehat dan bersih.

1. Pembersih

Pembersih adalah apa yang akan Anda gunakan untuk mencuci muka. Oleh karena setiap kulit memiliki ketahanan berbeda, khususnya pada kulit wajah Anda perlu memilih produk yang pas. Cucilah dengan lembut, kemudian bilas air hangat agar tak membuat kulit dehidarasi.

rutin perawatan kulit
Ilustrasi rutin perawatan kulit (Pexels/Shiny Diamond)

2. Toner

Toner diterapkan setelah mencuci muka dan dapat menghaluskan, melembutkan, dan menenangkan kulit. Mengutip laman Nortwestern Medicine, Senin, 25 April, toner seirng mengandung bahan yang memberi dan mengembalikan nutrisi ke kulit. Ketika Anda rutin mengenakannya, manfaatnya dapat mengurangi kemerahan dan bercak kering.

3. Pelembap

Seperti halnya memakai pembersih kulit wajah, pelembap juga perlu dipakai setelah Anda mencuci muka. Untuk mencari produk beserta kandungan yang cocok untuk kulit, memang perlu coba-coba. Jika memberi manfaat optimal, maka pakai produk pelembap tersebut secara rutin.

4. Tabir surya

Beberapa pelembap sudah dilengkapi SPF, tetapi boleh menggandakan perlindungan kulit dengan menggunakan tabir surya. Ketika cuaca dingin atau mendung, tabir surya tetap perlu diaplikasikan. Sebab bahan tabir surya diformulasikan untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB. Dua jenis sinar UV bisa menyebabkan keriput, warna kulit tidak merata, hilang elastisitas, dan tanda penuaan.

5. Eksfoliasi

Perawatan ini tidak perlu Anda lakukan setiap hari. Jika Anda memiliki kulit kering, kulit akan lebih mudah mengelupas ketika musim dingin. Tetapi maksimal eksfoliasi boleh dilakukan seminggu dua kali. Manfaatnya ialah mengangkat kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori.

6. Serum

Serum merupakan tambahan opsional untuk rutinitas perawatan kulit Anda. Umumnya, serum mengandung bahan-bahan untuk antioksidan atau retinol yang mendukung kesehatan kulit dengan beberapa cara, seperti mengurangi kemerahan, memperbaiki tekstur, dan kekencangan.

Saran ahli, perawatan kulit pada pagi hari harus fokus pada pencegahan dan perlindungan. Sedangkan perawatan pada malam hari fokus pada pembersihan dan perbaikan.