Tips Wajah Segar dan Berseri Tanpa Mengenakan Makeup
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kulit segar dan bersinar merupakan hal yang diidam-idamkan banyak orang. Bagi sebagian orang, kulit bercahaya merupakan tanda tubuh sehat, sementara sebagian lainnya ingin mendapatkan tampilan ini agar tidak perlu mengenakan makeup.

Ada banyak cara meningkatkan kecerahan dan kesegaran kulit. Salah satunya yaitu dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan, dilansir dari Medical News Today, Selasa, 28 November.

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah dua kali sehari adalah langkah dasar untuk menjaga kulit tetap bersih. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghilangkan debu, kotoran, dan sisa-sisa makeup.

Melembabkan

Produk pelembab mampu menambahkan air ke kulit. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan n pelembab segera setelah membersihkan wajah untuk mempertahankan kelembapan pada kulit. Orang dengan kulit berminyak mungkin lebih memilih pelembap bebas minyak, sedangkan orang dengan kulit kering lebih memilih pelembap dengan tekstur tebal yang mengandung minyak.

Perlindungan matahari

Sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat menyebabkan rasa terbakar, kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan tanda-tanda penuaan. Mengaplikasikan produk tabir surya berSPF sebelum keluar rumah adalah cara mudah untuk mengurangi risiko kerusakan kulit wajah. Saat memilih produk SPF, carilah produk yang:

  • spektrum yang luas
  • SPF 30 atau lebih tinggi
  • disesuaikan dengan jenis kulit

Oleskan tabir surya ke seluruh area kulit yang terpapar, termasuk sekitar mata dan leher. Saat sinar matahari paling terik, tetaplah berada di tempat teduh atau kenakan pakaian tipis dan topi untuk menutupi kulit kepala.

Perbanyak Konsumsi Air

Air adalah kunci kelembaban alami kulit. Untuk mendapatkan kulit yang segar secara alami, Anda perlu pastikan diri sendiri untuk minum cukup air sepanjang hari agar kulit tetap terhidrasi.

Nutrisi Seimbang

Diet yang sehat juga berperan besar dalam penampilan wajah. Konsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah, sayur, dan protein seimbang untuk menjaga kulit Anda dalam kondisi optimal. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan garam. Sebaliknya, fokuslah pada:

  • buah-buahan dan sayuran segar
  • biji-bijian utuh
  • protein tanpa lemak
  • lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan

Istirahat Cukup

Tidur yang cukup memberi waktu kulit untuk pulih. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Menurut para ahli, waktu tidur malam yang cukup bagi tubuh untuk pulih yaitu sekitar 8-10 jam tiap malam.

Rutin Olahraga

Olahraga meningkatkan aliran darah, yang dapat memberikan kilau alami pada kulit. Lakukan olahraga sesuai dengan preferensi Anda. Setidaknya lakukan olahraga minimal tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik bagi kesehatan fisik dan mental.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menjaga wajah Anda tetap segar dan berseri di kehidupan sehari-hari.