4 Tips Dokter Kulit untuk Merawat Kulit Ketiak Supaya Mulus
Ilustrasi merawat kulit ketiak supaya mulus (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kulit ketiak merupakan area yang jarang diperhatikan karena tak sering terlihat. Kulit area ini juga kerap berwarna lebih hitam dan tumbuh chicken skin. Ini yang membuat seseorang kurang percaya diri ketika memakai pakaian sleeveless. Untuk mendapatkan kulit ketiak yang mulus dan berwarna merata, Anda bisa mengikuti tips dokter kulit berikut ini.

1. Eksfoliasi secara rutin

Mendapatkan kulit haurs, pengelupasan atau eksfoliasi perlu dilakukan secara rutin dan hati-hati. Eksfoliasi membantu mengelupaskan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan sintesis kolagen. Selain itu, pengelupasan juga membantu memperbaiki tekstur dan menjaga kulit tetap montok serta kencang.

"Gunakan exfoliator kimiawi yang lembut untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Saya lebih suka pengelupasan kimia daripada pengelupasan fisik sehingga Anda tidak membuat lebih banyak trauma, tetapi dengan lembut membantu mencerahkan dan meningkatkan kualitas kulit di bawah ketiak," saran dokter kulit bersertifikat medis, bedah, dan kosmetik, Divya Shikeen, MD., dilansir Byrdie, Jumat, 30 Juni.

merawat kulit ketiak supaya mulus
Ilustrasi merawat kulit ketiak supaya mulus (Freepik/diana.grytsku)

Pengelupasan kimiawi bisa menggunakan larutan asam salisilat, asam laktat, asam glikolat. Kalau kulit ketiak teksturnya tidak rata, dokter menyarankan pakai exfoliant kimiawi. Dipakainya mulai dari seminggu sekali.

2. Menjaga kelembapan kulit ketiak

Kulit sehat memiliki kelembapan yang baik. Termasuk kulit ketiak, perlu juga dijaga kelembapannya. Kalau saran Brendan Camp, MD., dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, pelembap yang mengandung asam glikolat, asam laktat, dan asam salisilat banyak dijual bebas. Pelembap dengna kandungan tersebut, bisa membuat kulit halus dan terhidrasi.

Shokeen juga merekomendasikan, oleskan losion dan krim pelembap ke ketiak selesai mandi. Ini dapat membantu menenangkan kulit. Selain juga melembutkan dan membuatnya tidak mudah iritasi serta meradang. Ini juga dapat membantu mengurangi munculnya benjolan atau tekstur kasar.

3. Pakai krim atau gel saat mencukur rambut ketiak

Lebih berbahaya cukur kering daripada menambahkan gel atau krim untuk meminimalisir iritasi. Selain menggunakan krim atau gel cukur, para ahli merekomendasikan untuk melembutkan rambut dengan shower beruap, pengelupasan area sebelum bercukur, menggunakan alat cukur tajamdan akhiri cukur dengan mengaplikasikan pelembab untuk menjaga kulit bahagia.

4. Pertimbangkan laser penghilang rambut ketiak

Para ahli menawarkan solusi yang lebih permanen mendapatkan ketiak halus. Yaitu memakai penghilang bulu dengna laser. Ini bisa termasuk cara paling mahal disbanding cara-cara sebelumnya di atas. Tetapi hasilnya akan bertahan lebih lama. Jelas Camp, penghilangan bulu dengan laser adalah cara yang efektif untuk menghilangkan efek buruk setelah cukur manual.

Kalau penghilang bulu dengan laser, biasanya memakan waktu 6 bulan perawatan. Ini dilakukan sesuai prosedur oleh profesional dan dianggap sebagai solusi mendapatkan ketiak lebih halus.

Itulah keempat cara membuat kulit ketiak mulus. Anda bisa menjalankan perawatan sesuai preferensi. Bisa cara yang rutin dilakukan sehari-hari atau mulai mempertimbangkan referensi perawatan dengan teknologi, seperti penghilang rambut menggunakan laser yang dilakukan profesional perawat kecantikan.