Tertarik Menghilangkan Bulu dengan Cara <i>Waxing</i> di Rumah? Begini Caranya
Ilustrasi (Bruce Mars-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Waxing jadi salah satu pilihan untuk menghilangkan bulu-bulu tak diinginkan di tubuh. Kelebihan dari metode ini adalah bisa menghilangkan bulu sampai ke akar dan membuat kulit jadi lebih mulus setelahnya. Namun, kekurangannya adalah prosesnya yang terbilang menyakitkan karena bulu-bulu ditarik dengan kain atau gel panas. 

Bila ingin mencobanya, sekarang ini waxing tak harus selalu dilakukan di salon. Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah. Perhatikan tips berikut ini agar proses waxing aman dan bulu-bulu bisa menghilang dan kulit jadi lebih bersih. 

Mulai dengan scrubbing

Sebelum mulai waxing, Anda bisa melakukan scrubbing terlebih dahulu di area yang ingin dihilangkan bulunya. Misalnya, gunakan scrub di area ketiak, betis, atau lengan. Gunanya adalah menghilangkan sel kulit mati, membersihkan area tersebut, serta mengeluarkan bulu yang tersumbat di dalam pori-pori agar tak menimbulkan ingrown hair. 

Cukur terlebih dahulu

Meski nantinya bulu akan dicabut dalam proses waxing, sebelumnya Anda bisa mencukur sedikit agar tak terlalu panjang. Sebab, bulu yang terlalu panjang akan membuat proses waxing menjadi lebih sakit. Paling tidak sisakan bulu-bulu sepanjang 1 cm untuk bisa di-waxing. Kemudian, taburkan bedak bayi untuk menyerap kelembapan. 

Siapkan perlengkapan waxing

Jangan lupa memastikan seluruh perlengkapan waxing higienis. Kemudian, panaskan cairan wax agar tak terlalu padat dan mudah diaplikasikan. Dinginkan sebentar agar tak terlalu panas saat terkena kulit. 

Mulai waxing

Setelah cairan wax mulai hangat, segera oleskan ke area bulu yang ingin dihilangkan. Kemudian, tempelkan strip atau kain khusus. Cabut dan tarik kain tersebut dengan cepat berlawanan ke arah yang berlawanan dengan tumbuhnya bulu. Lakukan cara ini ke seluruh area yang diinginkan sampai selesai. 

Bersih-bersih

 

Setelah semua bulu hilang, segera bersihkan kulit dengan kain dan air hangat. Kemudian, lap kulit sampai kering dan oleskan gel lidah buaya untuk memberikan efek dingin di kulit. Bila waxing dilakukan di ketiak, hindari deodoran mengandung alkohol seharian.