Terapkan 5 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Ilustrasi kebiasaan yang menyehatkan (Pexels/Gustavo Fring)

Bagikan:

JAKARTA – Berdasarkan laporan medis, penyakit jantung adalah penyebab kematian tertinggi di dunia. Fakta tersebut merupakan alasan paling kuat tentang perlunya menjaga kesehatan tubuh terutama organ pemompa darah, jantung.

Penyakit jantung atau disebut kardiovaskular tidak menular, tetapi kebiasaan baik yang dilakukan oleh orang-orang terdekat memengaruhi kesehatan jantung. Misalnya, menjaga pola makan sehat dan rutinitas positif lainnya seperti di bawah ini.

Rutin olahraga

Hal pertama yang perlu diperhatikan demi kesehatan jantung adalah olahraga. Rutin berolahraga dapat menjaga jantung tetap sehat. Berdasarkan rekomendasi, Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit setia harinya.

Jika tak sempat berolahraga, Anda bisa berjalan kaki setidaknya 1000 langkah dalam sehari. Jenis olahraga apapun bisa dilakukan, selama Anda memperhatikan porsi dan durasi. Olahraga untuk jantung antara lain senam kardio, jogging, bersepeda, berenang bahkan yoga.

Sarapan pagi

Sarapan pagi dapat mengurangi konsumsi kalori dan karbohidrat berlebih. Risiko obesitas dan penyumbatan pembuluh jantung juga semakin besar.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of the American College of Cardiology, orang yang tidak terbiasa sarapan pagi berisiko tinggi mengalami serangan jantung.

Tidak sarapan akan membuat perut lapar sekali pada siang hari sehingga nafsu makan tinggi. Dan berdasarkan studi lainnya, orang yang tidak terbiasa sarapan pagi kurang bisa jeli memilih makanan siang yang sehat.

Menjaga keseimbangan emosi

Emosi seimbang bisa diperoleh dengan mengelola stres, depresi, tekanan, kecemasan, dan rasa marah. Orang yang memiliki kecerdasan emosional tahu cara merilis mengatasi emosi negatif. Misalnya merespons secara tepat jika mengalami peristiwa buruk dan menjalani hidup seimbang.

Cukup minum air putih

Minum air putih cukup sesuai kebutuhan tubuh juga menyehatkan jantung. Jika Anda terbiasa minum air putih terlalu banyak, sebaiknya dikurangi. Sebab terlalu banyak minum air putih justru dapat mengalami peradangan jantung.

Air putih merupakan sumber hidrasi tubuh paling sehat. Dibanding minum soda dan jenis minuman berperasa lainnya, air putih adalah pilihan paling pas.

Batasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol

Kolesterol dan lemak jenuh baiknya dikonsumsi terbatas. Hindari mengonsumsinya setiap hari karena dapat menyumbat pembuluh jantung. Paling tepat, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung serat dan protein sehat adalah pilihan tepat. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli, wortel, bayam, alpukat, gandum utuh, dan kacang-kacangan rendah kalori untuk menjaga jantung tetap sehat.