Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk hidup sehat dan sejahtera, dibangun dari kebiasaan sehari-hari yang mendukung. Kebiasaan tersebut bisa jadi rutinitas yang sederhana. Tetapi karena dilakukan terus-menerus, perubahan besar yang bersifat positif akan mengikuti. Sebagai pengetahuan, kebiasaan orang Jepang berikut di bawah ini, patut ditiru.

1. Menjaga kebersihan

Orang Jepang suka bersih-bersih, atau lebih tepatnya, itu sudah menjadi kebiasaan. Ini karena mereka memegang konsep yang menghargai kemurnian dan kebersihan dari Shintoisme. Maka sejak dini, orang Jepang diajarkan akan pentingnya menjaga kebersihan. Bukan hanya sekedar tugas rutin, tetapi menjadi bagian integral dari gaya hidup mereka setiap hari. Untuk itu, patut ditiru untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita agar tetap bersih dan higienis.

Selain dilakukan rutin oleh orang Jepang, manfaat kebersihan juga dibuktikan dalam penelitian. Kebersihan secara psikologis meminimalisir stres dan meningkatkan fokus. Disamping juga mengurangi alergen yang membantu menjaga kesehatan, mencegah penyebaran penyakit, juga membantu kejernihan mental dan tindakan fisik membersihkan rumah meningkatkan kesehatan jantung.

kebiasaan menyehatkan yang patut ditiru dari orang Jepang
Ilustrasi kebiasaan menyehatkan yang patut ditiru dari orang Jepang (Freepik/pressfoto)

2. Bangun pagi

Kebiasaan bangun pagi dicatat dalam catatan seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di Jepang, Lafcadio Hearn, pada 1900-an. Orang Jepang bangun pagi setiap hari dan “memuja” matahari. Kebiasaan aktivitas pagi yang merilekskan, misalnya berjalan-jalan pagi, bertemu tetangga, atau aktivitas lainnya, akan menikmati matahari dan membentuk jam alami tubuh yang sehat. Penelitian menyorot bahwa kebiasaan bangun pagi menyelaraskan ritme sirkadian. Manfaatnya untuk kesehatan antara lain mendapatkan kualitas tidur lebih baik, peningkatan produktivitas, menurunkan stres, dan kebiasaan makan sehat.

3. Mandi air hangat

Di Jepang, terdapat lebih dari 3.000 area sumber air panas. Pemandian umum merupakan hal yang umum di kota-kota, dan hampir setiap rumah memiliki bak mandi. Orang Jepang menghargai waktu mandinya. Menurut penelitian dilansir YourTango, Senin, 3 Juni, mandi secara teratur meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi stres.

Mandi air hangat, menurut penelitian membantu otot-otot rileks. Tekanan air dalam bak mandi juga membantu menignkatkan metabolisme dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, mandi berendam dalam bak mandi memungkinkan tubuh mengapung, sehingga tekanan pada tulang dan otot berkurang. Ini membantu meredakan nyeri punggung dan bahu kaku.

kebiasaan menyehatkan yang patut ditiru dri orang jepang
Ilustrasi kebiasaan menyehatkan yang patut ditiru dari orang Jepang (Freepik)

4. Olahraga setiap hari

Telah diketahui secara umum, olahraga rutin bermanfaat besar dalam kesehatan. Banyak orang Jepang olahraga setiap hari dengan jenis calisthenics yang merupakan komposisi gerakan peregangan dan dilakukan mengikuti lagu. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan setiap hari dapat berdampak signifikan pada umur panjang dan kesehatan mental. Tampaknya hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Jepang dianggap sebagai negara yang berumur panjang jika dilihat dari luar negeri.

5. Makan makanan sehat

Makanan Jepang dianggap sehat karena menawarkan keseimbangan nutrisi yang baik. Makanan Jepang juga diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada 2013. Seperti yang kita tahu, makanan Jepang dalam satu sajian mengandung tiga komponen utama, yaitu karbohidrat, lebih banyak protein, dan sayuran.

Pengolahannya pun juga dipertimbangkan, seperti direbus, sayuran difermentasi, dan dihidangkan bermacam-macam serta berwarna-warni. Makan makanan sehat, baik untuk kesehatan jantung, manajemen berat badan, kesehatan pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

6. Minum matcha

Matcha adalah bubuk halus dari daun teh hijau yang diseduh. Menurut Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, asupan matcha berkorelasi dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik. Alasan mengapa Matcha menyehatkan adalah karena mengandung nutrisi. Ini adalah sumber yang kaya mineral seperti kalsium dan serat makanan, dan penuh dengan antioksidan, termasuk katekin. Selain itu, karena matcha digiling dari daun teh utuh, ia menawarkan nutrisi beberapa kali lipat dibandingkan teh biasa. Matcha paling tepat diminum setiap pagi agar membantu lebih rileks tetapi performa meningkat.

7. Menyempatkan menghabiskan waktu di alam

Penelitian menegaskan, rutin menghabiskan lingkungan alam, seperti hiking atau sekedar jalan-jalan di lanskap hijau, meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi stres. Banyak orang Jepang menyempatkan waktu mendaki gunung. Ini berkontribusi pada kesehatan mereka. Ketika berjalan di alam, tentu menguatkan kaki, tubuh, meningkatkan kekuatan kardiovaskular, peningkatan suasana hati, kepadatan tulang, dan meningkatkan kadar vitamin D.

Itulah kebiasaan sehari-hari yang membantu meningkatkan kesehatan dan dilakukan banyak orang Jepang. Kebiasaan tersebut, mungkin telah Anda lakukan. Tetapi adakah kebiasaan Anda yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup?