Mengenal Shokuiku Kebiasaan Makan dari Jepang yang Menyehatkan
Mengenal Shokuiku (Gambar Christine Van-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian mendengar kata "shokuiku" atau apakah kalian mengenal shokuiku? Tentunya ini emang jarang dan asing ditelinga. Yuk cari tahu ulasannya di bawah ini!

Mengenal Shokuiku

Shokuiku merupakan filosofi Jepang yang dimaksudkan buat mendorong kebiasaan makan yang sehat serta intuitif. Kebijaksanaan ini memberikan pedoman tentang gimana serta apa yang wajib kalian makan. Shokuiku pula mengganti caramu berpikir tentang makanan.

Shokuiku, bila diterjemahkan mempunyai makna "pendidikan makanan".

Latihan shokuiku didasarkan pada sebagian konsep kunci tentang gimana serta apa yang wajib kalian makan. Selama beberapa dekade terakhir, jadi pola makan yang semakin terkenal di seluruh Jepang serta di seluruh dunia.

Prinsip Dasar Shokuiku

Shokuiku merupakan filosofi simpel bersumber pada 4 prinsip utama. Berikut ini 4 prinsip utama Shokuiku:

1. Fokus Pada Rasa Kenyang Daripada Kalori

Alih-alih menghitung kalori, shokuiku mendorong makan secara intuitif serta berfokus pada perasaan terhadap santapan tertentu.

Kalian diajak buat menyesuaikan isyarat lapar serta nafsu makan serta belajar mengidentifikasi kapan kalian mulai merasa kenyang.

2. Makan Lebih Banyak Makanan Utuh

Shokuiku menekankan berartinya makanan utuh yang sehat, termasuk buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, serta polong-polongan.

Makanan ini kaya akan nutrisi berguna yang diperlukan badan, termasuk protein, serat, lemak sehat jantung, serta mikronutrien.

3. Menikmati Berbagai Makanan

Sedangkan sebagian besar diet di Amerika Utara serta Eropa berfokus pada penghilangan ataupun pembatasan bahan-bahan tertentu, shokuiku menyoroti berartinya menikmati bermacam-macam santapan selaku bagian dari pola makan yang sehat serta menyeluruh.

Idealnya, santapan wajib terdiri dari sebagian tipe sayur-mayur, bersama dengan nasi serta sumber protein yang baik.

Shokuiku pula mendorongmu buat berupaya mempersiapkan makanan dengan metode yang berbeda, semacam memanggang, menggoreng, ataupun merebus, yang bisa menolong memberikan keragaman pada dietmu.

4. Berbagi Lebih Banyak Makanan Dengan Orang Lain

Shokuiku pula mengajarkan kalau makanan wajib dipandang selaku sumber kenikmatan serta kebahagiaan.

Bagi prinsip shokuiku, santapan pula bisa menolong menguatkan ikatan sosial serta tingkatkan kesejahteraan emosional dan mental.

Buat alasan ini, penting buat duduk serta berbagi santapan dengan orang lain bila memungkinkan.

Mengosongkan waktu buat menikmati santapan bersama sahabat ataupun keluarga bisa menolong mempromosikan pola makan yang sadar serta tingkatkan hubunganmu dengan makanan.

Itu tadi uraian tentang apa itu Shokuiku serta 4 prinsip dasar filosofi Jepang ini. Mudah-mudahan dapat menginspirasimu dalam menempuh pola makan serta hidup yang sehat ya! 

Jadi setelah kita mengenal shokuiku, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!