5 Kebiasaan Sehat yang Dilakukan Sore Hari untuk Mencegah Stres
Ilustrasi kebiasaan sehat sore hari untuk mencegah stres (Freepik/diana.grytsku)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah sore hari Anda sering tergesa, penat, dan melelahkan akhir-akhir ini? Itu tandanya Anda perlu mengevaluasi dan mencari inspirasi untuk memperbaiki kebiasaan Anda.

Katakanlah melihat orang-orang yang tinggal di Blue Zone, mereka berumur panjang, sangat kecil kemungkinan menderita penyakit kronis, dan sehat fisik serta mental. Kota yang dijuluki “Zona Biru” ini, diantaranya Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Nicoya, Costa Rica; Ikaria, Yunani; dan Loma Linda, California. Meskipun mereka memiliki kebiasaan yang berbeda sesuai adat istiadatnya, tetapi secara umum mereka membiasakan gaya hidup sehat khususnya dilakukan pada sore hari. Tertarik melakukannya, ini kelima kebiasaan sehat yang baik Anda lakukan pada sore hari.

1. Prioritaskan tujuan, bukan produktivitas

Produktif dipahami sebagai menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang pendek. Tetapi kalau berorientasi pada tujuan, Anda bisa lebih rileks dalam menjalaninya. Ini karena Anda perlu membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Kebiasaan ini dikuatkan oleh temuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Psychiatry. Temuannya, bahwa orang dewasa di atas usia 50 tahun yang merasa memiliki tujuan hidup memiliki risiko lebih rendah tubuh lemah dan kecepatan berjalan yang lebih lambat. Keduanya merupakan tanda penurunan fungsi fisik.

kebiasaan sehat sore hari untuk mencegah stres
Ilustrasi kebiasaan sehat sore hari untuk mencegah stres (Freepik)

"Orang-orang di Zona Biru benar-benar bekerja untuk hidup, dan di banyak masyarakat produktif, kita benar-benar hidup untuk bekerja, dan saya tidak tahu apakah stres Anda akan jauh lebih baik kecuali Anda dapat membalik yang [dinamis] sekitar," kata Robert Agnello, DO., asisten professor kedokteran keluarga di Universitas Campbell dilansir Well+Good, Jumat, 28 Juli.

2. Makan siang dengan santai dengan orang lain

Meluangkan waktu makan siang bergizi jauh dari ruang kerja perlu diterapkan dan dibiasakan. Saran dokter Agnello, Anda perlu makan makanan anti inflamasi yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Pada saat sore hari, orang Swedia istirahat untuk minum secangkir kopi, makan kue, dan mengobrol dengan rekan kerja.

3. Gerakkan tubuh Anda

"Di wilayah dunia ini (Zona Biru), orang tidak pergi ke gym dan memompa besi, tetapi mereka mengendarai sepeda, berjalan jauh, dan bermain sepak bola — gerakan alami yang baik untuk meningkatkan detak jantung," kata Dr. Agnello.

Ini bukan berarti Anda harus mengganti jadwal gym atau yoga dengan aktivitas relaksasi yang disebutkan dokter Agnello. Tetapi pada prinsipnya, gerakkan tubuh Anda dengan hati senang untuk memperpanjang rentang hidup, meminimalisir stres, dan jauh dari penyakit kronis.

kebiasaan sehat sore hari untuk mencegah stres
Ilustrasi kebiasaan sehat sore hari untuk mencegah stres (Freepik/marymarkevich)

4. Isi ulang energi dengan tidur siang

Di beberapa wilayah Blue Zone, sore hari panas. Jadi tidur siang biasa dilakukan untuk mengatasi panas dan memulihkan tenaga. Tidur siang dapat memberi energi dan membantu Anda mengatasi kemerosotan tengah hari yang ditakuti, dan juga secara umum mendukung kesehatan Anda.

Faktanya, satu studi longitudinal yang melibatkan lebih dari 20.000 orang Yunani menemukan korelasi antara tidur siang secara teratur dan kesehatan jantung, yang merupakan kunci untuk menjaga umur panjang, kata dokter Agnello.

Selain itu, tidur siang 15-30 menit juga dapat membantu meredakan dan mencegah stres kronis yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung.

5. Luangkan waktu untuk bersosialisasi

Koneksi sosial adalah prinsip utama kehidupan di Zona Biru yang mempromosikan umur panjang. Ini juga didasarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Jadi kita membutuhkan ikatan kuat dengan teman dan keluarga untuk kesejahteraan fisik serta emosional. Dengan berosisal pada sore Anda, akan mencegah kesepian dan merupakan kunci kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Kelima kebiasaan sehat sore hari di atas, adakah yang sudah jadi rutinitas Anda? Jika belum masuk dalam agenda, Anda bisa memulainya segera untuk mencegah stres dan menyehatkan fisik serta mental.