Mengatasi Pikiran Berpacu dan Berulang pada Topik Tertentu, Begini 5 Caranya
Ilusrasi cara mengatasi pikiran berpacu sehigga lebih tenang (Freepik/Drazen Zigic)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pikiran yang berpacu dan hanya berulang pada topik tertentu menandai kecemasan bahkan mungkin gangguan kesehatan mental lainnya. Tetapi, pikiran berpacu sering dialami seseorang dalam keadaan cemas atau stres meskipun tidak mengalami gangguan kesehatan mental. Ini membuat seseorang semakin sulit menyelesaikan tugas dan tidur pada malam hari. Oleh karena itu, supaya proporsi waktu Anda tak habis untuk berpikir hal itu-itu saja, berikut tips Patricia Harteneck, Ph.D., dari The Seleni Institute, organisasi nonprofit yang bekerja untuk mental health dan wellness.

1. Gunakan jarak kognitif

Biasanya, pikiran mencemaskan hal-hal yang diyakini benar. Tetapi sering kali sebenarnya tidak benar. Ini yang membuat kecenderungan pikiran memprediksi hal terburuk. Daripada mengikuti pikiran berpacu ke hal yang enggak  benar, lebih baik membuat skenario alternatif yang positif untuk mencegah energi habis.

2. Gunakan mantra

Disebut mantra, tetapi ini hanyalah frasa atau kata sederhana yang diulang diucapkan untuk menenangkan pikiran. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengulang mantra mengurangi aktivitas bagian otak yang bertanggung jawab untuk penilaian diri dan refleksi. Anda bisa mencoba kalimat atau frasa sederhana seperti “Oom”, “Hidup ini baik”, atau “Semuanya akan baik-baik saja”. Ulangi kalimat ini dan fokuskan pikiran hanya pada mantra yang diucapkan. Jika pikiran Anda mengembara, kembalilah ke mantra Anda.

cara mengatasi pikiran berpacu sehingga lebih tenang
Ilusrasi cara mengatasi pikiran berpacu sehingga lebih tenang (Freepik/yanalya)

3. Fokus pada saat ini

Mengembalikan fokus pada saat ini akan membantu Anda menerima dan melepaskan apa yang tidak dapat Anda kendalikan. Ini juga akan membantu Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat mengubah masa lalu dan bahkan masa depan yang belum terjadi. Untuk mengembalikan fokus, dilansir Psychology Today, Minggu, 16 Juli, coba tarik napas dalam-dalam dan tanyakan pada diri sendiri bagaimana perasaan Anda saat ini.

4. Tulis semuanya

Menuliskan kekhawatiran Anda di kertas membuka kemungkinan bisa diakses lagi. Artinya, kekhawatiran ini tidak diabaikan sepenuhnya, tetapi dapat merasa nyaman mengetahui bahwa Anda akan meninjau kembali masalah tersebut.

Tindakan menulis melibatkan pikiran Anda dan mengurangi pikiran yang berpacu. Ketika pikiran kacau, tulislah di kertas. Beberapa menit kemudian pikiran akan lebih tenang.

5. Bernapas

Bernapas dengan pola tertentu yang disadari, dapat membantu menggeser respons melawan-atau-lari dari sistem saraf parasimpatik sehingga respons lebih santai. Maka cobalah hitung sampai 3 saat menarik napas dan hitung sampai 5 saat mengeluarkan napas. Perhatikan pernapasan saat Anda mencoba pola ini. Bernapas dengan pol aini, membantu pikiran tetap bisa dikendalikan dan tak lagi mengembara ke topik yang sama.

Penting dipahami, butuh waktu untuk mengembangkan kebiasaan baru dalam mengatasi pikiran yang sedang berpacu. Anda juga bisa menggunakan cara lain, tetapi harus dilakukan latihans ecara rutin dan dalam jangka waktu lama agar pikiran lebih terkendali.