Bagikan:

YOGYAKARTA – Kegugupan bisa membuat materi yang sudah disiapkan semalaman hilang seketika. Oleh karena itu, sebelum presentasi atau ngobrol serius, pakar merekomendasikan untuk minum air putih terlebih dahulu. Kenapa dan bagaimana penjelasan dari pakar?

Dehidrasi meskipun ringan, ternyata berdampak negative pada suasana hati, kognisi, dan perhatian Anda. Maka salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri adalah dengan menyesap segelas air. Selain efektif menenangkan, minum air putih sebelum ngobrol serius atau acara penting adalah ide bagus untuk mempertahankan kognisi dan suasana hati baik.

Tubuh manusia 55-60 persen terdiri dari air. Ini alasan pertama yagn masuk akal kenapa minum cukup H2O adalah bagian penting dari Kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Terhidrasi cukup juga mendorong kerja fungsi-fungsi penting dalam tubuh, seperti membuang limbah melalui air kecil dan buang air besar, mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, dan melindungi jaringan sensitif seperti sumsum tulang belakang.

manfaat minum air putih sebelum presentasi
Ilustrasi manfaat minum air putih sebelum presentasi (Freepik)

Sebanyak 75 persen dari massa otak dibentuk air. Jadi cukup terhidrasi penting membantu otak menjalankan fungsinya, termasuk kemampuan Anda terlibat dalam percakapan dan berpikiran jernih. Dehidrasi juga dapat meningkatkan kortisol Anda, hormon yang terkait dengan stres dan bukan kondisi ideal untuk percakapan penting.

Penelitian tahun 2018 diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science on Sports & Exercise, dilansir Well+Good, Kamis, 6 Juli, menunjukkan bahwa dehidrasi mengganggu kinerja kognitif, terutama untuk tugas-tugas yang membutuhkan perhatian, koordinasi motorik, dan fungsi eksekutif.

Merasa haus adalah salah satu cara untuk mengetahui bahwa Anda perlu minum lebih banyak air, tetapi ada pengukuran yang lebih tepat. Dehidrasi diukur dengan membandingkan kehilangan massa tubuh (BML) dengan berat awal seseorang. Dehidrasi ringan sekitar satu persen dari berat badan standar seseorang. Sementara dua persen atau lebih mungkin didapat ketika kita mulai melihat perbedaan yang lebih luas dalam kinerja dan metrik lainnya.

“Saya selalu memberi tahu orang-orang bahwa penting untuk 'melakukan pekerjaan Anda sendiri', dan yang saya maksud adalah membuat diri Anda berada dalam kondisi mental dan fisik yang tepat sehingga Anda memiliki kemampuan untuk mendengar dan memproses apa yang dikatakan orang lain,” kata terapis hubungan Kimberly Panganiban, LMFT..

Maksud ‘melakukan pekerjaan Anda sendiri’ menurut Panganiban, termasuk memilih waktu untuk berbicara saat Anda tidak stres atau terganggu, lelah, lapar atau haus. Minum air selama percakapan juga bukan ide yang buruk. Panganiban mengatakan, mengambil jeda selama percakapan memberi Anda waktu untuk memproses dan mengumpulkan pikiran. Ini dapat berguna untuk meredakan ketegangan jika keadaan menjadi sedikit emosional atau intens.