Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh, Lengkap dengan Cara Mengolahnya
Manfaat Bawang Putih Tunggal (Sumber: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang hanya memiliki satu siung. Bawang ini punya banyak sebutan mulai dari solo garlic atau single clove garlic. Selain dimanfaatkan untuk bumbu makanan, bawang tunggal juga memiliki khasiat kesehatan untuk tubuh.

Khasiat tersebut berhubungan dengan zat yang terkandung pada bawang seperti protein, kalsium, fosfor, kalium, vitamin, dan masih banyak lagi.

Manfaat Bawang Putih Tunggal

Di Indonesia, bawang tunggal jadi salah satu bahan campuran pengobatan tradisional baik untuk obat luar maupun dalam. Berikut ini manfaat bawang tunggal yang bisa Anda dapatkan lengkap dengan cara mengolahnya.

  1. Antioksidan

Bawang bisa jadi sarana detok tubuh yang baik karena megandung senyawa antioksidan. Menurut jurnal Digital Press Life Sciences 2 dikatakan bahwa untuk menjaga senyawa antioksidan pada bawang tunggal, cara mengolahnya adalah dengan fermentasi. Sangat tidak dianjurkan untuk memotong atau menghancurkan bawang tunggal karena akan mengubah senyawa antioksidan tersebut.

  1. Melindungi Hati

Dikutip dari Hallosehat, dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine dikatakan bahwa ekstrak etanol dalam bawang putih tunggal mamou menurunkan toksisitas hati sehingga membantu fungsi hati dengan baik.

  1. Memperlambat Infeksi Bakteri

Bawang tunggal juga bisa memperlambat infeksi bakteri pada manusia sehingga tidak terjadi infeksi yang lebih parah pada luka. Cara pengolahannya adalah dengan fermentasi atau bisa juga dengan mengambil minyaknya dan mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi bakteri.

  1. Meredakan Batuk dan Pilek

Jika Anda mengalami batuk dan pilek cobalah gunakan bawang putih tunggal untuk meredakannya. Bawang juga mampu memperkuat imun tubuh. Cara mengolahnya adalah dengan menghancurkan bawang putih, lalu rendam ke dalam segelas air. Minum air bawang secara rutin agar khasiat bisa bekerja maksimal.

  1. Redakan Pembengkakan Karena Asam Urat

Pembengkakan karena asam urat bisa diredakan dengan bawang putih tunggal karena mampu menjadi anti-inflamasi. Untuk mendapatkan khasiat ini Anda tak perlu melakukan pengolahan, cukup dapatkan ekstrak bawang putih di apotek terdekat.

  1. Mengatasi Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi bisa ditekan dengan bawang putih tunggal karena kandungan sulfur yang mampu memicu produksi endotelium dan berefek pada relaksasi. Cara pengolahan untuk mendapatkan relaksasi adalah dengan mengonsumsi rendaman air bawang atau menggosokkan bawang ke titik yang perlu direlaksasi.

  1. Redakan Nyeri Sakit Gigi

Bawang jenis ini juga bersifat antiseptik sehingga membantu membunuh kuman atau bakteri yang memicu rasa nyeri pada gigi. Untuk menekan nyeri saat sakit gigi cukup letakkan potongan bawang ke gigi yang berlubang. Anda juga bisa mengunyah dengan perlahan bawang tersebut. Bisa juga dengan berkumur dengan air bawang.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Dalam penelitian yang dimuat di NCBI dikatakan bahwa ekstrak bawang putih tunggal mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi dibanding bawang putih biasa. Senyawa ini yang membantu mengurangi risiko terkena kanker. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mengolahnya dengan mengonsumsi bawang tunggal secara teratur.

  1. Anti Jamur

Jika Anda mengalami masalah jamur pada kulit, maka bawang tunggal bisa jadi solusinya. Hal itu bisa terjadi karena adanya zat Allicin yang merupakan antijamur dan antibakteri. Untuk mengatasi jamur pada kulit cara mengolahnya adalah potong bawang lalu gosokkan bawang pada kulit.

 Itulah informasi tentang khasiat bawang putih tunggal. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.