Mengetahui Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan
Ilustrasi (Valeria Boltneva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan bawang putih. Tapi bisa jadi belum banyak yang mengenal bawang putih tunggal. Meski sama-sama bawang putih tapi letak perbedaan keduanya ada di bentuk. Dalam satu siung bawang putih tunggal hanya ada satu butir saja. Oleh karena itu, bentuknya jadi lebih mirip dengan bawang bombay.

Bawang putih tunggal atau yang sering disebut dengan bawang putih lanang memang jarang ditemukan. Karena langka, nilai jualnya pun selangit. Selain dapat juga digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih tunggal pun banyak khasiatnya untuk kesehatan. Penasaran mau tahu apa saja manfaat bawang putih tunggal? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Mencegah diabetes

Mengonsumsi bawang putih tunggal secara teratur dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Apalagi, terdapat kandungan vitamin B, allicin, dan tiamin yang dapat mendorong pankreas untuk menghasilkan insulin. Semua zat di atas dapat membantu melawan diabetes. 

Cukup konsumsi 2-3 butir per hari, dengan cara dimakan mentah atau minum air rebusannya. Jika masih tidak terbiasa dengan rasanya, Anda bisa menambah madu.

Menurunkan berat badan

Pernah tau jus langsing yang sempat viral untuk menurunkan berat badan? Salah satu bahan yang digunakan dalam jus tersebut adalah bawang putih tunggal. Cara kerja bawang putih tunggal dalam menurunkan berat badan yaitu dengan memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Nah, jika sistem metabolisme tubuh berfungsi dengan maksimal, maka nantinya tubuh dapat membakar kalori lebih cepat dan mengurangi adanya timbunan lemak. 

Mengatasi flu

Berdasarkan penelitian, bawang putih tunggal sangat baik dalam mencegah batuk dan pilek. Pasalnya, bawang ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena flu. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dipenyet lalu campurkan dalam air untuk pencegahan. Saat sedang flu, baiknya bawang putih tunggal dikonsumsi langsung agar kondisi segera membaik.

Mencegah kanker

Dalam bawang putih tunggal, terdapat senyawa bernama diallyl trisulfide yang membantu hati mengeluarkan racun.Racun yang dikeluarkan termasuk racun yang menyebabkan timbulnya sel kanker. Bahkan menurut peneliti di University of North Carolina, orang yang rutin makan bawang putih tunggal kemungkinannya sampai 66,67 persen lebih rendah untuk terkena kanker.