6 Khasiat Teh Bawang Putih bagi Kesehatan, Begini Cara Membuatnya
Ilustrasi teh bawang putih (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang dipakai untuk penyedap masakan. Di samping itu, bawang putih juga bisa diolah menjadi minuman berupa teh bawang putih. Minuman herbal ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja khasiat teh bawang putih?

Minuman teh bawang putih mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Biasanya orang-orang lebih familiar dengan teh melati, teh telang, teh mawar. Tapi ternyata ada juga sajian teh unik dari bawang putih yang banyak dikonsumsi sebagai alternatif pengobatan penyakit. 

Jika Anda ingin merasakan sajian teh yang berbeda, maka teh bawang putih bisa Anda coba. Ada berbagai khasiat teh bawang putih yang perlu Anda tahu. 

Khasiat Teh Bawang Putih

Berdasarkan sebuah penelitian, teh bawang putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Berikut ini sejumlah khasiat teh bawang putih.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat teh bawang putih adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Bawang putih memiliki kandungan senyawa organosulfur yang berperan menghambat perkembangan aterosklerosis pada penderita penyakit jantung. 

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lainnya dari teh bawang putih adalah bisa menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih cukup efektif dalam mengendalikan kolesterol. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap pagi, maka bisa meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi kolesterol jahat. Khasiat yang terdapat dalam bawang putih dapat mencegah plak-plak yang menghalangi aliran darah. 

  • Meningkatkan Imun

Bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang bersifat antijamur, antibakteri, dan antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Jadi dengan mengonsumsi bawang putih maka dapat meningkatkan imun tubuh sehingga lebih kebal terhadap paparan penyakit. 

  • Mengatasi Masalah Pernapasan

Bawang putih juga menyimpan kandungan yang bersifat antiperadangan sehingga dapat melancarkan sistem pernapasan. Khasiat yang ada dalam bawang putih dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti batuk, pilek, sinus, infeksi, dan demam yang sampai membuat hidung tersumbat. 

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Alasan lain mengapa banyak orang mengonsumsi teh bawang putih karena minuman ini dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi minuman herbal ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan yang terdapat dalam bawang putih berperan dalam pembakaran lemak lebih optimal, sehingga bisa mempercepat metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan. 

  • Antikanker

Khasiat lainnya yang bisa Anda peroleh dari teh bawang putih adalah sebagai antikanker. Bawang putih memiliki kandungan yang bersifat antikarsinogenik, yang bisa mencegah berbagai penyakit kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi bawang putih akan memiliki risiko kanker perut dan payudara yang lebih rendah. 

Cara Membuat Teh Bawang Putih

Pembuatan teh bawang putih juga cukup mudah dan nggak ribet. Tips membuat minuman herbal ini bisa Anda buat dengan merebus dua hingga tiga siung bawang putih. Bawang putih tersebut dipotong-potong terlebih dahulu. 

Selanjutnya Anda bisa menambahkan jus lemon dan madu. Kemudian saring tehnya dan minum sembari mengunyah bawang putih yang sudah direbus tadi. 

Demikian sejumlah khasiat teh bawang putih bagi kesehatan dan cara membuatnya. Teh bawang putih terbukti bisa menjadi minuman alternatif untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari masalah jantung, pernapasan, hingga kolesterol. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.