Berapa Suhu Air yang Ideal untuk Menyeduh Kopi? Temukan Jawabannya di Sini
Ilustrasi menyeduh kopi (Foto:rahulsankraft/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda faktor apa saja yang bisa membuat cita rasa kopi menjadi lebih maksimal? Yap! Mutu dan rasa kopi dipengaruhi oleh metode penyeduhan, penyaringan (roasting), hingga rasio air.

Selain itu, masih faktor lain yang tak bisa dianggap sebelah mata, yakni suhu air. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas suhu air ideal untuk menyeduh kopi. Baca terus sampai habis, ya!

Suhu Air Ideal untuk Menyeduh Kopi

Menurut National Coffe Association, suhu air ideal untuk menyeduh kopi adalah 195 sampai 205 derajat Fahrenheit atau 90 hingga 96 derajat celcius.

Akan tetapi, beberapa orang biasanya menggunakan suhu di bawah 90 derajat Celius ketika menyeduh kopi dengan metode pour over.

Semuanya kembali ke selera masing-masing. Yang jelas suhu tidak boleh di atas 96 derajat Celcius, sebab akan membuat kopi menjadi lebih pahit dan rasa pada kopi bisa saja hilang.

Lantas, bagaimana cara mengontrol suhur air yang digunakan untuk menyeduh kopi?

Cara paling mudah untuk mengontrol suhu atau temperatur air adalah dengan menggunakan thermometer.

Selain thermometer, Anda juga bisa menggunakan ketel leher angsa yang sudah dilengkapi dengan pengatur suhu di dalamnya.

Dengan menggunakan ketel tersebut, Anda dapat dengan memudah menjaga suhu air agar tetap ideal sebelum digunakan untuk menyeduh kopi.

Cara Menyeduh Kopi dengan Metode Pour Over

Pour over merupakan metode menyeduh kopi paling sederhana dengan cara menuangkan air panas ke bubuk kopi yang ada di dalam cangkir bangian atas.

Cangkir tersebut biasanya sudah dilapisi menggunakan kertas filter agar ampas kopinya tidak larut ke cangkir bagian bawah.

Setelah air panas dituang, perlahan air kopi akan mengalir ke bagian cangkir yang ada di bawah dan minuman kopi pun siap dinikmati.

Metode yang satu sangat mudah dilakukan dan biasanya diapliasikan di kedai-kedai kopi manapun.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara menyeduh kopi dengan metode pour over yang perlu Anda ketahui:

  • Perhatikan kesegaran kopi: Kopi yang sudah fresh dapat membuat rasanya menjadi kurang sedap.
  • Perhatikan tekstur bubuk kopi: Menggunakan bubuk kopi yang terlalu kasar, maka cita rasa kopi kemungkinan tidak bisa keluar maksimal. Pun demikian, dengan bubuk kopi yang terlalu halus, maka rasa kopi akan terlalu kaya. Untuk mendapatkan rasa kopi yang pas gunakan bubuk kopi yang tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus (gilingan medium).
  • Proporsi perbandingan air dan kopi: Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang enak, gunakan perbandingan 1:15. 1 gram untuk bubuk kopi dan 15 ml air panas.
  • Suhur air: Suhur air ideal untuk menyeduh kopi dengan teknik pour over adalah 90-96 derajat celcius. Selain suhu panasmya, jenis air yang digunakan juga berpengaruh terhadap rasa kopi. Pilihan air terbaik untuk menyeduh kopi adalah air demineral yang tidak berbau dan tidak berasa.

Demikian informasi tentang suhu air ideal untuk menyeduh kopi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.