Agar Sehat Fisik dan Mental, Lakukan 5 Aktivitas ini pada Jam Istirahat
Ilustrasi istirahat pada jam kerja (Freepik/yanalya)

Bagikan:

JAKARTA – Bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama, tidak akan baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Kalau berdasarkan aturan ketenagakerjaan, sebuah perusahaan perlu memberikan waktu setidaknya setengah jam setelah bekerja selama 4 jam.

Nah, berdasarkan studi, seseorang butuh bergerak atau beranjak dari posisi duduknya setidaknya setiap 1-2 jam. Waktu istirahat kerja ini dapat Anda manfaatkan secara baik untuk menyokong kesehatan tubuh dan mental. Waktu tersebut dapat diisi dengan aktivitas apa saja? Berikut daftarnya.

Buat pengingat

Tidak ada yang mengingatkan tentang aktivitas ini, kecuali dari kesadaran diri. Anda dapat menyetel pengingat pada gawai setiap dua atau satu jam sekali. Selama tidak memakan banyak waktu untuk melakukan aktivitas di bawah ini atau mengganggu produktivitas kerja, maka tak ada salahnya mencoba.

Dilansir dari Northwestern Medicine, Senin, 12 April, Joy Baganz, kepala terapis okupasi di Rumah Sakit Northwestern Medicina Central DuPage memberikan saran penting bagi para pekerja baik yang bekerja from home maupun from office.

“Untuk orang dewasa, gerakan istirahat membantu meningkatkan aliran darah ke otot dan mengurangi kekakuan pada persendian,” ungkap Baganz.

Anda tidak perlu mengambil istirahat lama. Istirahat bisa dilakukan selama 10-15 menit yang mampu membuat perbedaan besar bagi kesehatan dan fungsi mental Anda.

Berjalan

Sebuah studi menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan spirit untuk belajar dan daya ingat. Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk berjalan ke pantry atau kamar mandi dan menuruni tangga.

Cari udara segar

Sebuah pembuktian menunjukkan ada hubungan antara kesejahteraan optimal dan menikmati udara segar dari alam. Untuk memanfaatkan waktu istirahat yang singkat, Anda dapat berjalan ke luar ruangan, menghirup udara segar.

Lakukan peregangan untuk meredakan stres

Melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya dalam waktu yang tidak singkat tentu tak terhindarkan dari stres. Ini wajar dialami oleh para pekerja. Maka, lakukan peregangan otot tanpa ribet. Pertama, lakukan stretching dengan mengarahkan satu tangan ke bahu.

Diawali dengan mengarahkan tangan kanan ke bahu kiri dan lakukan sebaliknya. Lakukan peregangan ini dengan posisi berdiri selama 15 detik pada setiap tangan.

Kedua, satukan jemari tangan dan angkat ke atas kepala. Gerakan ini dapat dilakukan selama 15 detik. Ketiga, lemaskan telapak dan jemari tangan selama 15 detik pada setiap tangan dan keempat, gerakkan tangan seperti meremas dua kali selama 10 detik.

Makan siang

Dilansir International Labour Office, istirahat makan diatur diatur sekitar tengah shift penuh dan berlangsung selama 30 menit hingga 2 jam. Istirahat kerja harian akan berbeda-beda aturannya di setiap negara. Misalnya di Islandia, istirahat minum kopi dianggap sebagai bagian dari jam kerja.

Sementara istirahat makan ada di luar jam kerja kecuali dalam mekanisme kerja lembur atau bekerja selama akhir pekan.

Nah, jam istirahat kantor dapat Anda isi dengan menikmati asupan gizi. Bisa juga diisi diluar kantor tetapi tetap jalankan sesuai aturan kerja di kantor Anda.