Bagikan:

JAKARTA - Banyak orang yang menganggap bahwa kulit bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai merupakan bahan sisa yang perlu dibuang. Namun, kulit bawang ternyata bisa dimanfaatkan jika diolah dengan baik.

Mengutip laman Farmers Salmanac, kulit luar bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai menyediakan sumber vitamin A, C, E, dan banyak antioksidan yang baik untuk. Kulit bawang juga merupakan sumber flavonoid dan anti-inflamasi.

Kandungan berbagai nutrisi dalam kulit bawang tersebut dapat melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan. Itu juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol.

Untuk bisa mendapatkan manfaat kulit bawang, Anda bisa mengolahnya menjadi bumbu masakan sehat untuk menambah rasa masakan. Bubuk kulit bawang juga bisa dimanfaatkan sebagai suplemen dan campuran dalam teh.

Pengguna TikTok @elle_kvi membagikan cara mengolah kulit bawang menjadi bubuk halus. Awalnya ia mencuci kulit bawang, kemudian memasukkannya ke dalam loyang kue, lalu memanggangnya di oven.

Kulit bawang yang sudah dipanggang dihaluskan menjadi bubuk halus. Bubuk halus kulit bawang tersebut yang kemudian dipakai untuk menjadi bumbu masakan.

Selain untuk kesehatan, kulit bawang juga bermanfaat untuk berbagai macam proses pengolahan bahan makanan. Mulai dari membantu mengawetkan roti agar tidak berjamur, mencegah reaksi oksidasi pada minyak goreng, hingga meningkatkan kandungan serat pada mie.