Agar Tak Cepat Busuk dan Berkerut, Begini Tips Menyimpan Wortel yang Benar di Kulkas
Ilustrasi (Nick Fewings/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Wortel termasuk dalam golongan buah yang bisa disimpan lama. Namun cara menyimpannya harus tepat agar wortel tidak cepat busuk.  Alih-alih membiarkannya di suhu ruangan, lebih baik jika wortel disimpan di kulkas atau freezer. Berikut ini ada cara menyimpan wortel dengan benar supaya tidak cepat layu dan busuk. Bisa dicoba jika Anda sering membeli wortel untuk stok.

Simpan dalam wadah kedap udara

Agar wortel tetap segar dan renyah, Anda hanya perlu membenahi cara penyimpanannya. Anda bisa merendam wortel dengan air dalam wadah kedap udara. Jangan kupas kulitnya agar wortel tetap segar. Namun, jika Anda ingin mengonsumsinya dalam waktu satu hingga dua minggu, Anda bisa memotong ujung wortel dan mengupas kulitnya.

Metode ini juga bisa diterapkan untuk seledri dan baby wortel. Untuk memprioritaskan kesegaran jangka panjang, ganti air rendaman setiap minggu. Simpan dalam toples kaca kedap udara. Wortel dan seledri yang diawetkan dengan cara ini bisa tetap segar hingga tiga minggu.

Bungkus dengan kertas atau plastik

Cara menyimpan wortel agar tetap segar dalam kulkas selanjutnya yakni dengan membungkus wortel dengan kertas atau plastik yang sudah dilubangi.  Selanjutnya, masukkan wortel di dalam kulkas agar lebih awet.  Penggunaan kertas dan plastik berfungsi untuk menjaga kelembapan wortel. Jadi, ketika disimpan, wortel tidak cepat kisut dan busuk.

Bekukan di freezer

Membekukan wortel selalu jadi pilihan jika Anda ingin wortel tahan lebih lama. Anda dapat membekukan wortel matang atau mentah. Sebelum ditaruh, Anda perlu membersihkan wortel terlebih dahulu dari sisa-sisa tanah atau kotoran yang menempel. Anda juga bisa mengupas kulitnya jika mau.

Selanjutnya, Anda dapat memotong wortel dan menyimpannya di dalam plastik kedap udara atau plastik ziplock di freezer. Pilihan lainnya adalah merebusnya sebelum dibekukan. Cara ini bisa bantu mempertahankan warna cerah wortel.

Melansir Southern Living, Jumat, 7 Oktober, jika Anda berencana menyimpan wortel di di kulkas, sebaiknya tunggu sampai Anda ingin memasak atau menggunakan wortel tersebut baru mencucinya. Air yang tertinggal pada wortel dari pembilasan dapat menyebabkan jamur tumbuh, sehingga dapat dengan cepat mengakibatkan wortel jadi busuk.