Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda bertanya apakah boleh pisang disimpan di freezer? Tentu jawabannya boleh namun cara menyimpan pisang agar beku namun tetap segar butuh sedikit trik. Jika tidak, kematangan buah pisang kurang maksimal.

Seperti diketahui, pisang adalah buah yang tinggi potasium. Selain itu buah ini cukup mudah rusak. Pisang tidak bisa disimpan terlalu lama karena akan muncul bercak hitam di kulitnya. Berikut ini cara menyimpan pisang beku agar tetap fresh.

Apakah Boleh Pisang Disimpan di Freezer

Menyimpan pisang di freezer boleh dilakukan asal memperhatikan berbagai hal. Misalnya, tidak menempatkan pisang dengan cara ditumpuk, atau dicampur dengan cairan tertentu.

Perlu diketahui bahwa biasanya pisang dijual dalam kondisi mendekati matang sehingga menyimpan pisang kadang perlu dilakukan hingga buah tersebut matang. Jika disimpan dengan cara yang benar, pisang akan matang dalam waktu 2 hingga 5 hari. Cara menyimpan pisang juga harus di tempat yang kering agar matang sempurna.

Menyimpan pisang di kulkas atau freezer boleh dilakukan namun disarankan menunggu pisang matang lebih dulu jika ingin dikonsumsi dalam waktu dekat. Pasalnya, hawa dingin di kulkas maupun freezer akan membuat pematangan pisang jadi lebih lambat sehingga pisang akan lama matang. Oleh karena itu pisang lebih baik disimpan di lemari pendingin setelah matang.

Sebaliknya, jika pisang akan dikonsumsi dalam waktu lama bisa disimpan sebelum matang namun dengan memperhatikan tata caranya.

Cara Menyimpan Pisang Potongan

Menyimpan pisang di kulkas atau freezer bisa dilakukan dengan memotong pisang terlebih dulu. Cara ini dipakai demi menghemat ruang. Berikut ini cara simpan pisang potong, dilansir dari Glad.

  1. Kupas pisang
  2. Potong pisang ukuran setengah jari
  3. Setelah terkupas dan terpotong semua, lapisi wadah pisang dengan kertas roti lalu tempat pisang di atasnya
  4. Masukkan semua ke freezer dan diamkan selama dua jam
  5. Setelah itu keluarkan lalu masukkan pisang ke dalam kantong plastik lalu tutup rapat plastik tersebut lalu masukkan lagi ke dalam kulkas. Jika penyimpanan benar, pisang bisa matang 2 hingga 3 bulan di dalam freezer sehingga bisa dikonsumsi kapan saja
  6. Jika ingin mengonsumsi pisang beku, cukup keluarkan pisang yang ditempatkan di dalam plastik tertutup dan biarkan mencair secara alamiah.

Cara Menyimpan Pisang Halus

Sebagian orang juga memilih menghaluskan pisang dengan blender. Cara ini biasa dilakukan jika pisang ingin dijadikan roti pisang atau menu pisang lain dengan kebutuhan halus. Cara simpan pisang halus yakni sebagai berikut, dilansir dari Healthline.

  1. Kupas pisang
  2. Haluskan pisang dengan blender atau alat lain yang tersedia
  3. Setelah halus, masukkan ke dalam kantong plastik khusus yang kedap udara. Pastikan tidak ada udara di dalam kantung
  4. Setelah itu letakkan di dalam freezer secara mendatar
  5. Jika pisang halus yang akan dibekukan dalam jumlah banyak, disarankan untuk membaginya ke dalam beberapa kantong sehingga pencairan bisa dilakuan secara mudah.

Disarankan pula untuk mengetahui tips menyimpan pisang agar tidak cepat busuk.

Selain apakah boleh pisang disimpan di freezer, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.