Cara Membuat Cold Brew Coffee Paling Simpel Tanpa Alat Agar Bisa Dicoba di Rumah
Ilustrasi kopi (Wade Austin Ellis on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara umum, cold brew coffee adalah salah satu teknik penyeduhan kopi yang menggunakan air dingin demi mendapat rasa terbaik dari kopi. Sajian kopi cold brew banyak disediakan di berbagai kafe atau kopi shop.

Penyajian dengan cara cold brew dinilai unik karena justru memanfaatkan air dingin sebagai penyeduh. Untuk melakukannya, masing-masing barista biasanya memiliki teknik yang berebeda-beda.

Artinya, rasa kopi yang disajikan dengan cara cold brew biasanya beda-beda karena tiap barista punya tekniknya sendiri-sendiri.

Penyeduhan kopi cold brew juga bisa Anda lakukan di rumah tanpa alat spesial. Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman dan tips yang bisa dicoba, dikutip dari berbagai sumber.

Pengertian Cold Brew Coffee

Cold brew biasa diartikan sebagai teknik penyeduhan kopi sebelum disajikan. Namun secara spesifik, teknik cold brew adalah penyajian kopi yang sudah digiling lalu dicampur dengan air dingin atau bersuhu ruangan.

Kopi yang disajikan dengan cara ini banyak disukai karena efek rasa pahit dan asam yang muncul pada kopi tidak terlalu menonjol, baik pada kopi Arabika atau Robusta. Pecinta kopi biasanya menikmati kopi jenis ini tanpa campuran apapun, baik susu, krim, atau gula. Namun itu tergantung selera.

Cara Penyajian Cold Brew

Cara penyajian ini bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan alat penyeduh kopi. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Sediakan Kopi yang Sudah Digiling

Anda bisa membeli kopi bubuk atau kopi yang sudah digiling di supermarket. Atau biasanya beberapa kafe menyediakan kopi giling mentah yang bisa dibawa pulang. Untuk kopi giling, pilih hasil penggilingan sedang atau medium coarse. Hal itu dilakukan agar rasa yang ada pada kopi bisa lebih keluar namun tanpa rasa pahit. Untuk jenis biji kopinya, Anda bisa memilih jenis yang karakternya fruity.

Setelah itu, siapkan wadah penampung atau coffee pot untuk menampung air kopi yang akan diseduh. Kapasitas tampungan bisa beragam menyesuaikan kebutuhan Anda.

  1. Seduh dengan Air Dingin

Meski diseduh, air yang digunakan bersuhu dingin atau suhu ruangan, bukan air panas. Setelah itu, tuang air ke dalam tampungan air atau coffee pot yang telah diisi serbuk kopi. Biasanya, 80 gram serbuk kopi akan diisi dengan air 1.150 ml. Namun sekali lagi, masing-masing orang punya ukuran yang berbed.

Anda juga harus memastikan bahwa seluruh serbuk kopi dalam penampungan telah terkena air. Aduk kopi yang bercampur air hingga merata dan larut sempurna.

  1. Diamkan di Kulkas

Jika kopi benar-benar sudah larut dan air berubah menjadi karamel gelap, maka pelarutan bisa dianggap berhasil. Setelah itu diamkan larutan kopi di dalam lemari es. Durasi pendiaman bisa dilakukan selama 8 jam. Namun Anda bisa mendiamkannya selama 12 jam jika ingin mendapatkan rasa yang lebih kuat.

  1. Saring dan Sajikan

Setelah didiamkan, Anda bisa melakukan penyaringan yakni memisahkan air larutan kopi dengan ampas kopi. Penyaringan bisa menggunakan coffee paper filter agar lebih bersih. Setelah ampas dan air kopi sudah tersaring sempurna, berarti Anda sudah bisa menyajikannya.

Kopi hasil saringan bisa disajikan dengan es batu tanpa gula. Namun, Anda bisa menambahkan sedikit gula atau susu jika ingin mendapatkan rasa manis, gurih, dan asam.

Itulah informasi tentang cold brew coffee. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.