8 Jenis Sajian Kopi yang Populer di Indonesia
Ilustrasi kopi. (Freepik.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kopi jadi salah satu minuman populer di Indonesia. Penggemar minuman kopi tak hanya dari kalangan tua saja, namun kalangan anak muda pun banyak. Saat ini ada banyak jenis sajian kopi yang populer di Indonesia.

Sajian kopi di Indonesia merujuk pada cara penyajian kopi sebagai minuman. Biasanya coffee shop menyediakan berbagai sajian kopi yang bisa dipilih oleh pembeli berdasarkan selera. Lalu, apa saja sajian kopi yang ada di Indonesia?

Jenis Sajian Kopi

Kopi disajikan dengan berbagai macam cara, ada yang disajikan dengan tanpa campuran namun ada pula yang disajikan dengan campuran tambahan seperti susu atau cokelat. Agar tak bingung, berikut ini beberapa jenis penyajian kopi.

  1. Espresso

Espresso adalah kopi yang disajikan tanpa campuran apapun kecuali air mineral netral. Sajian ini identik dengan rasa yang kuat nan pahit dan hanya disajikan dalam gelas kecil saja. Meski demikian, espresso sangat populer terutama di Italia. Di Indonesia, espresso juga jadi sajian kopi yang cukup populer.

  1. Americano

Seperti espresso, americano adalah salah satu penyajian kopi yang hanya disajikan tanpa campuran apapun selain air mineral. Rasanya hampir mirip dengan espresso, namun cara penuangannya berbeda. Rasa americano tidak sepahit dan sekuat espresso. Beberapa orang menyukainya karena rasa pahitnya yang tidak terlalu kuat.

  1. Latte

Sajian ini biasa disebut dengan kopi latte, yakni sajian kopi yang dicampur dengan susu. Rasa kopi ini sedikit gurih karena didapat dari susu campurannya. Latte biasanya disajikan dengan motif yang menarik di atas permukaan kopi. Coffee latte biasanya dikonsumsi dalam keadaan panas dan dalam cangkir yang sedang.

  1. Cappuccino

Mungkin Anda tak asing dengan sajian kopi cappuccino. Kopi ini dibuat dengan cara mencampurkan espresso, steamed milk, dan susu foam. Cappuccino bisa disajikan dalam kondisi panas atau bisa pula ditambahkan beberapa balok es. Untuk menambah kenikmatan, di permukaan kopi ditambah sedikit bubuk cokelat.

  1. Mochachino

Mochachino sebenarnya dikhususkan bagi penggemar cokelat yang menginginkan aroma kopi pada minuman mereka. Cara membuatnya cukup sederhana, yakni dengan mencampurkan espresso dengan cokelat cair dan susu. Rasa yang lebih dominan adalah cokelat dan susunya.

  1. Macchiato

Macchiato secara sederhana adalah kopi espresso yang dicampur dengan susu dan busa susu. Takaran espresso padamacchiato juga beragam, ada yang hanya single shot espresso namun ada pula yang menggunakan double shot espresso.

  1. Cold Brew

Penyajian kopi ini cukup unik karena pelarutan kopi tidak menggunakan air panas melainkan air bersuhu ruangan selama beberapa jam. Aroma kopi yang dihasilkan memang cukup terasa, namun rasanya tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam. Cold brew biasa disajikan dengan tambahan es batu.

  1. Kopi Tubruk

Cara penyajian ini sangat khas di Indonesia yakni mencampurkan kopi bubuk langsung dengan air panas mendidih dan sedikit gula. Kopi tubruk banyak dijumpai di coffe shop tradisional dan memiliki banyak penggemar. Biasanya disajikan pada cangkir kecil dan dalam keadaan panas.

Itulah beberapa jenis sajian kopi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.