Selain Cokelat, Ini 7 Barang Lain yang Sebaiknya Tidak Diletakkan di dalam Kulkas
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kulkas kerap kali dijadikan tempat menimbun bahan makanan. Tujuannya yaitu untuk membuatnya bertahan lama karena suhu dingin dalam lemari es. Tapi, tahukan Anda kalau ternyata tidak semua makanan bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Pasalnya, jika ditaruh di kulkas, kualitas, daya tahan, dan manfaatnya akan berkurang.

Untuk mencegah hilangnya nutrisi makanan, yuk atur ulang isi lemari es dengan mengeluarkan beberapa benda ini dari kulkas, menyadur Southern Living, Senin, 19 September.

Tomat

Tomat segar yang baru Anda beli sebaiknya tidak ditaruh di dalam kulkas, melainkan disimpan di wadah dengan suhu ruangan. Suhu dingin dan lembab di dalam lemari pendingin dapat memengaruhi tekstur tomat segar dan menjadikannya lebih cepat membusuk. Saat ditaruh di suhu ruangan, pastikan tomat terhindar dari sinar matahari langsung untuk memperlambat proses kerusakan tomat.

Bawang

Bawang yang belum dikupas sebaiknya diletakkan di suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung atau uap panas alat pemanggang maupun kompor. Selain itu, tidak disarankan menggabung bawang dengan bahan makanan lain seperti buah-buahan ataupun kentang. Pasalnya, semakin lama disimpan bawang akan mengeluarkan aroma tidak sedap. Jika ingin menyimpan bawang di kulkas, pastikan untuk mengupas dulu kulitnya lalu tempatkan dalam wadah kedap udara.

Kentang

Kentang sebaiknya tidak Anda masukkan ke dalam kulkas. Tempat terbaik meletakkannya yaitu di tempat yang kering seperti keranjang atau kantong kertas. Suhu dingin cenderung memengaruhi tekstur kentang dengan memecah pati. Sehingga mengubahnya teksturnya menjadi berpasir dan rasanya jadi manis secara tidak sengaja.

Minyak

Jangan pernah memasukkan minyak ke dalam kulkas. Minyak seperti minyak zaitun, minyak alpukat, atau minyak sayur dapat mengental atau mengeras dalam suhu dingin. Jika minyak membeku, maka kualitasnya tidak terlalu ideal lagi digunakan untuk memasak. Sebaiknya Anda menyimpan minyak di tempat yang sejuk dan gelap jauh dari cahaya.

Madu

Suhu dingin dapat menyebabkan madu mengkristal lebih cepat daripada jika disimpan di tempat yang gelap dan sejuk seperti dapur Anda. Perlu diingat bahwa, seiring waktu, madu akan selalu mengkristal namun jika diletakkan dalam kulkas, proses kristalisasi bisa terjadi lebih cepat. 

Roti

Banyak orang mengklaim roti yang diletakkan dalam kulkas bisa mencegah tumbuhnya jamur. Namun, suhu lembab lemari es dapat mengeluarkan uap air dalam roti. Sehingga rasa roti berubah tawar dan teksturnya mengering. Sebagai gantinya, Anda bisa simpan roti di dalam freezer dan panggang saat ingin disantap.

Alpukat

Kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat. Suhu dingin juga mengeraskan tekstur alpukat matang, yang mungkin tidak ideal untuk beberapa orang saat waktunya makan. Setelah dipotong terbuka, Anda bisa simpan bagian alpukat yang terbuka ke dalam kantong atau wadah di lemari es.