Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapapun pasti suka dengan cokelat. Kelezatannya yang manis dan lembut membuat cokelat menjadi favorit banyak orang. Namun, tahukah Anda alasan tidak boleh simpan cokelat di kulkas?

Perlu diketahui, proses pembuatan cokelat yang melibatkan tempering untuk menghasilkan cokelat dengan kilau mengilap dan tekstur yang renyah. Sayangnya, menyimpan cokelat di kulkas dapat mengganggu proses tempering ini

Alasan Tidak Boleh Simpan Cokelat di Kulkas

Dilansir dari Hotel Chocolat, meskipun Anda mungkin berpikir bahwa lemari es dapat membuat cokelat Anda sedikit lebih dingin dan nikmat, namun faktanya mendinginkan cokelat Anda dapat memiliki beberapa efek, berikut di antaranya:

  • Rasa cokelat

Meskipun Anda mungkin berpikir menyimpan cokelat di lemari es hanya mengubah teksturnya, mendinginkan cokelat sebenarnya dapat memengaruhi rasanya juga.

Rasa cokelat yang paling memuaskan adalah yang memiliki kandungan kakao tinggi. Lemak kakao memberikan tekstur yang nikmat untuk Slabs, truffle, atau hidangan cokelat padat yang meleleh di mulut.

Baca juga artikel yang membahas Usia Berapa Anak Boleh Makan Cokelat? Cek Jawabannya di Sini

Namun, lemak kakao juga memiliki sifat yang sangat penyerap, artinya dapat menyerap rasa dan bau dari lemari es Anda. Akibatnya, Anda dapat menemukan rasa atau taste aneh ketika mengunyah batang cokelat, seperti sisa makanan malam sayuran atau daging.

Selain itu, suhu dingin juga dapat mencegah batang cokelat melepaskan rasa yang lebih halus, artinya Anda tidak sepenuhnya mendapatkan semua taste dan rasa dari kakao saat Anda mulai menggigit.

cokelat enak yang memiliki kandungan kakao tinggi (freepik)
  • Tekstur cokelat

Alasan lain mengapa cokelat biasanya tidak boleh disimpan di lemari es adalah karena dapat mengubah tekstur.

Cokelat tidak boleh didinginkan di lemari es, karena dapat menyebabkan sesuatu yang disebut "sugar bloom". Fenomena ini terjadi ketika cokelat didinginkan dan kemudian terkena suhu yang lebih hangat.

Kondensasi pada permukaan cokelat akan melarutkan sebagian gula yang kemudian mengkristal kembali,dan  meninggalkan cokelat berbutir dan lapisan permukaan putih.

Dengan demikian, sugar bloom membuat semua tekstur lembut dan berembun yang seharusnya Anda nikmati hilang, dan hanya meninggalkan batang cokelat yang rapuh.

Bagaimana cara menyimpan cokelat dengan benar?

Ketika musim panas biasanya cokelat dapat meleleh, lembek, atau menyimpannya di kulkas hingga cokelat yang keras dan berbutir.  Namun, jangan khawatir ada beberapa cara untuk melindungi cokelat Anda dari panasnya musim.

Untuk hasil terbaik, disarankan menyimpan cokelat Anda pada suhu antara 10°C dan 20°C. Carilah tempat yang sejuk dan teduh di rumah, seperti ruang bawah tanah atau lemari yang dingin.

Namun, jika seluruh rumah terasa panas dan tidak ada pilihan lain, Anda dapat menyimpan cokelat Anda di lemari es sebagai upaya terakhir, meskipun Anda perlu beberapa tips agar kualitas cokelat tidak berkurang.

Caranya adanya dengan menyimpan cokelat Anda dalam wadah kedap udara untuk memastikan rasa yang tidak enak tidak meresap ke dalam cokelat dan mengubah rasanya.

Kemudian untuk menghindari risiko rasa hambar dan tekstur rapuh, keluarkan cokelat Anda dari lemari es sekitar 30 menit sebelum dimakan, namun pastikan Anda tidak meninggalkannya di bawah sinar matahari langsung.

Selain alasan tidak boleh simpan cokelat di kulkas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!