9 Camilan Penambah Berat Badan yang Tinggi Kalori dan Menyehatkan
Ilustrasi camilan penambah berat badan (Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Upaya meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Konsumsi camilan penambah berat badan bisa menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Ada beragam alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus hingga memperbaiki penampilan. Hanya saja, menaikkan berat badan tak semudah membalikkan telapak tangan.

Camilan Penambah Berat Badan

Cara meningkatkan berat badan yang sehat adalah dengan mengonsumsi camilan tinggi kalori dan bernutrisi.

Lantas, apa saja camilan tinggi kalori yang baik untuk menambah berat badan? Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut camilan penambah berat badan yang bisa Anda konsumsi.

  1. Keripik Pisang

Keripik pisang ternyata masuk ke dalam camilan penambah berat badan yang tinggi kalori. Dalam 10 gram kripik pisang terkandung 147 kalori. Jika ingin berat badan Anda naik, cobalah untuk mengonsumsi kripik pisang setiap hari agar asupan kalori yang masuk ke tubuh semakin banyak.

  1. Kentang

Kentang merupakan makanan tinggi karbo yang baik untuk meningkatkan berat badan.

Kentang mengandung banyak nutrisi serta tinggi kalori. Dalam kentang terdapat protein, serat dan vitamin C. Manfaat protein dalam kentang bisa diperoleh secara maksimal jika mengonsumsi kulitnya.

Ilustrasi camilan penambah berat badan
Ilustrasi camilan dari kenthang (phuonghoangthuy/Pixabay).

Berikut jumlah kalori pada setiap olahan kentang:

  • Per 100 gram kentang rebus mengandung 83 kalori
  • Per 100 gram kentang goreng mengandung 140,7 kalori
  1. Kacang

Camilan penambah berat badan yang ketiga adalah kacang. Camilan ini tergolong menyehatkan karena tinggi serat dan protein.

Dalam 100 gram kentang mengandung kalori sekitar 150-200 kkal. Selain kentang, biji bunga matahari dan labu juga mengandung kalori tinggi.

Untuk mengerek berat badan, tambahkan kacang dan biji-bijian tersebut ke dalam oatmeal, salad, atau bisa juga dijadikan sebagai camilan ketika menonton film.

  1. Cokelat Hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan camilan yang digemari banyak orang. Camilan ini memiliki kalori yang tinggi serta kaya akan antioksidan dan mikronutrien.

Dark chocolate mengandung 70 persen cocoa yang disebut sebagai pilihan terbaik untuk meningkatkan berat badan. Pasalnya, dalam 100 gram cokelat hitam terkandung 600 kalori.

  1. Roti Gandum

Selain tinggi kalori, roti gandum juga mengandung karbodirat dalam jumlah tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang berat badannya tidak ideal karena terlalu kurus.

Agar jumlah kalori yang masuk ke tubuh makin banyak, Anda bisa menggabungkan roti gandum dengan camilan lain seperti telur, alpukat, keju, atau daging.

  1. Keju

Selain cokelat, keju termasuk ke dalam camilan penambah berat badan yang menjadi favorit banyak orang. Keju mengandung lemak dan kalori sehingga bisa membuat tubuh Anda lebih berisi. Selain itu, keju juga kaya akan protein yang bagus untuk pembentukan massa otot.

  1. Yogurt

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna, yogurt ternyata bisa membantu meningkatkan berat badan, terlebih full fat yogurt karena mengandung banyak lemak.

  1. Selai Kacang

Dalam selai kacang terkandung gula, protein, lemak yang tinggi, asam folat, magnesium, vitamin E, dan vitamin B3. Dalam satu sendok makan selai kacang terdapat 100 kalori.

  1. Alpukat

Kandungan kalori dalam buah alpukat tergolong tinggi karena kaya kandungan lemak dan serat. Satu buah alpukat berukuran besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat.

Oleh sebab itu, alpukat sangat cocok jika dijadikan sebagai camilan penambah berat badan.