Bagikan:

JAKARTA - Saat menurunkan berat badan, maka makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Salah satu makanan yang dikenal dapat membantu program menurunkan berat badan adalah alpukat.

Dilansir dari Trifecta, alpukat adalah makanan bergizi dan utuh yang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan dengan sehat. Buah ini kaya akan serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral, sehingga menjadikannya salah satu menu makanan sehat.

Meski demikian, karena alpukat tinggi akan lemak, maka juga tinggi akan kalori. Satu buah alpukat berukuran besar mengandung 13 gram serat, yang hampir setengah dari jumlah serat harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Setiap buah alpukat utuh juga memiliki 3,5 gram karbohidrat. Dengan itu, untuk tepat dikonsumsi saat diet, maka harus disesuaikan dengan makanan lain yang dikonsumsi setiap harinya dan kebutuhan kalori per hari individu.

Pada sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi alpukat utuh untuk sarapan merasa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari, yang pastinya membantu diet. Efek penghilang rasa lapar ini kemungkinan besar disebabkan oleh kandungan nutrisi yang mengenyangkan dari alpukat. 

Menariknya juga alpukat adalah makanan lezat dan cocok dipadukan dengan apa saja, sehingga mengonsumsinya dapat dibuat menu makanan diet yang bervariasi.

Salah satunya dengan menambahkan alpukat sebagai topping pada hidangan. Kemudian menggunakan alpukat sebagai pengganti krim atau penambah rasa untuk makanan yang dipanggang.

Buah alpukat juga dapat dimasukkan ke dalam salad yang dipadukan makanan lain, seperti sayuran. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat, yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.