Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak semua orang bisa melakukan presentasi dengan baik, butuh berbagai cara agar kita bisa menyampaikan apa yang kita kerjakan di depan umum. Nah karena itulah, kali ini kita bakal membahas bagaimana cara presentasi yang baik. Simak sampai selesai, ya!

Pastinya, kita semua memerlukan latihan buat berdialog di depan publik. Walaupun demikian, kehidupan profesional tidak bakal lepas dari presentasi. Seluruh karyawan di kantor tentu bakal diminta buat berbicara di depan rekan kerja serta atasannya.

Maka dari itu, penting bagimu buat dapat mengantarkan presentasi. Nah, kira-kira, bagaimana triknya supaya kalian dapat jadi penyaji presentasi yang baik? Apa yang perlu kalian lakukan supaya dapat memandu presentasi yang efisien?

Cara Presentasi yang Baik

I. Hindari Berbicara Sambil Melihat Slide

Tingkatan keprofesionalan seorang presentator kadangkala dilihat dari macam apa mereka dapat berdialog di depan audience dengan menatap matanya, tanpa sedikitpun melihat slide yang terpampang di layar proyektor. Buat itu, jauhi berbicara sembari melihat slide ya pada saat maju presentasi di depan supaya tidak mengganggu audiencemu.

II. Mempersiapkan Modul Secara Matang

Persiapan modul yang betul-betul siap bakal memudahkan kita buat melaksanakan presentasi yang baik serta efisien. Persiapan modul pula mempengaruhi pada penamilan sajian data yang hendak disampaikan kepada audience. Seorang profesional bisa nampak pada saat kesiapan materi yang bakal disampaikan tersusun rapih.

III. Menguasai Audience

Perihal yang paling utama supaya presentasi jadi efisien yakni kita sanggup menguasai audience. Ada pula perihal yang wajib dicoba buat menarik audience supaya terfokus terhadap apa yang kita bicarakan adalah dengan memberikan suatu pertanyaan-pertanyaan semacam diskusi, memberikan tayangan video yang nantinya bakal menarik hati untuk audience, ataupun juga dapat dicoba dengan melakukan simulasi-simulasi atas apa yang kita presentasikan.

Pada intinya, pada saat kita melaksanakan presentasi, ada baiknya kita dapat membawa audience ke sebuah zona nyaman mereka dalam menjajaki presentasi yang kita jalani. Jangan buat audience merasa bosan dengan presentasi yang lagi kita jalani. Saat maju di depan banyak orang, pastikan tujuan kita pertama disana yaitu buat menggiring para audience masuk ke dalam pokok pembahasan yang bakal kita sampaikan dalam presentasi.

IV. Melatih Kemampuan Berbicara serta Penyampaian Memakai Bahasa Tubuh

Presentasi yang satu ini memanglah jadi perihal yang sangat penting mengingat sebagian pembicara dalam suatu presentasi ini senantiasa memberikan kunci serta beberapa trik lewat skill berdialog yang menarik, serta pula pemakaian gaya tubuh yang senantiasa menarik hati para audience.

Kita dapat mengambil beberapa contoh para presentator hebat yang mana pada saat tampak di depan audience, mereka senantiasa dapat memberikan presentasi yang terbaik dengan karakter khas milik mereka sendiri. Oleh sebab itu, asahlah kemampuan berdialog serta pemakaian bahasa tubuh.

Percaya diri amat dibutuhkan ketika presentasi (Gambar Austin Distel-Unsplash)
Percaya diri amat dibutuhkan ketika presentasi (Gambar Austin Distel-Unsplash)

V. Tetap Percaya Diri

Dalam presentasi, ingat kalau yang kalian jalani yaitu buat menyampaikan pesan. Bukan cuma membacakan, ataupun berupaya mengingat apa yang kalian bakal sampaikan. Tanpa perasaan yang ceria ataupun rasa percaya diri yang baik, presentasimu bakal nampak datar serta tidak menarik di mata audiens.

Ingat pula untuk membuat modul yang kalian bawakan itu mengasyikkan. Bila kalian secara tidak langsung menyampaikan kalau materimu tidak menarik, audiens bakal merasakan hal yang sama. Selain itu ternyata “Minum Air Putih sebelum Presentasi atau Ngobrol Serius, Efektif Bantu Redakan Gugup” loh!

Maka dari itu, jangan lupa untuk buat tetap percaya diri serta cintai materi yang bakal kalian sampaikan. Dengan begitu, audiens bakal merasakan perasaan yang sama, sehingga kalian dapat menyampaikan presentasi yang baik.

VI. Evaluasi dan Terus Berlatih

Perihal lain yang perlu kalian siapkan supaya dapat membawakan presentasi dengan baik yaitu untuk terus melaksanakan penilaian serta berlatih tanpa henti.

Kalian dapat minta feedback dari audiens ataupun orang terdekatmu yang ikut menyimak. Dengan begitu, kalian bakal mengenali kekuranganmu serta menyiapkan diri buat memperbaikinya. Jangan lupa pula, kalau kita bisa karena terbiasa, jadi seringlah berlatih, serta jangan segan buat meminta bantuan orang-orang terdekatmu, ya!

Jadi setelah mengetahui cara presentasi yang baik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!