Bagikan:

YOGYAKARTA - Karies gigi menjadi awal terjadinya gigi berlubang. Karies gigi adalah kondisi kerusakan gigi di tahap awal karena mineral gigi yang menghilang. Kondisi ini terjadi akibat proses demineralisasi. Lalu bisakah karies gigi hilang atau sembuh?

Karies gigi menjadi awal kerusakan enamel atau lapisan luar gigi. Menurut keterangan WHO, hampir setengah penduduk dunia pernah mengalami masalah karies gigi. Kondisi ini lebih berisiko dialami oleh orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan manis dan asam. 

Mineral gigi dapat hilang karena terpapar makanan dan minuman yang mengandung zat asam hasil buangan dari bakteri. Bakteri yang tinggal di rongga mulut akan berkembang biak, lalu menggerogoti sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dan menghasilkan zat asam. 

Selain kebiasaan makan yang tidak dijaga, menyikat gigi di waktu yang tidak tepat juga dapat meningkatkan risiko karies gigi. Lalu seperti apa gejala karies gigi dan bagaimana cara mengatasinya?

Gejala Karies Gigi

Karies gigi menimbulkan gejala yang berbeda dengan tanda-tanda gigi berlubang. Berikut ini beberapa tanda karies gigi yang perlu Anda pahami. 

  • Adanya bercak putih (white spot) seperti kapur di bagian permukaan gigi. Gejala karies gigi ini paling terlihat pada gigi susu
  • Munculnya bercak seperti kecokelatan menjadi salah satu ciri karies gigi yang tidak aktif.
  • Apabila belum terjadi kerusakan jaringan keras gigi, permukaan enamel masih utuh tetapi bertekstur kasar
  • Terjadinya penumpukan plak gigi dan daerah retensi sisa makanan
  • Terletak di area mendekati perbatasan gusi
  • Terjadi perdarahan gusi akibat radang gusi

Apakah Karies Gigi Bisa Sembuh?

Umumnya karies gigi tidak sampai mengikis struktur gigi. Jadi orang yang mengalami karies gigi tidak perlu menjalani pencabutan gigi. Namun Anda juga tidak boleh membiarkan kondisi tersebut tanpa melakukan penanganan. 

Jika diabaikan dalam waktu lama, maka karies gigi akan bertambah parah. Karies gigi yang sudah tahap parah bisa menyebabkan gigi berlubang. Oleh sebab itu, Anda harus segera melakukan tindakan pencegahan ketika mengalami gejala karies. 

Cara Mengatasi Karies Gigi

Apabila Anda mendapati adanya gejala-gejala karies pada gigi Anda, sebaiknya segera melakukan penanganan. Berikut ini beberapa tips pengobatan untuk mengatasi karies gigi

Menambal Gigi

Karies gigi yang sudah menyebabkan kerusakan pada struktur gigi tidak bisa hanya diatasi dengan remineralisasi. Diperlukan juga penambalan gigi, yang bisa dilakukan dengan bahan tambal seperti Glass Ionomer Cement atau komposit.

Terapi Remineralisasi Gigi

Terapi remineralisasi gigi berfungsi untuk mengembalikan mineral yang hilang. Metode ini dilakukan dengan cara mengoleskan fluoride dosis tinggi dan vitamin gigi yang mengandung CPP-ACP. Treatment ini digunakan untuk mengatasi karies gigi yang belum menyebabkan kerusakan struktur gigi.

Namun terapi ini hanya akan berhasil jika dibarengi dengan perubahan pola makan, seperti mengurangi konsumsi gula. Selain itu, Anda juga perlu menyikat gigi dua kali sehari dengan teknik yang benar serta menggunakan pasta gigi berfluoride. Selain itu, sebaiknya Anda juga membersihkan gigi dengan benang gigi.

Perawatan Saraf gigi

Apabila kerusakan gigi telah mencapai lapisan pulpa yang mengandung pembuluh darah, saraf, dan limfe, akan terjadi infeksi pulpa gigi. Kondisi ini memerlukan perawatan saraf gigi atau endodontik.

Penambalan Sealant Gigi

Penambalan sealant gigi dilakukan jika karies gigi berada di daerah pit dan celah fissure gigi yang dalam. Tujuannya adalah untuk mencegah makanan terjebak di dalam celah tersebut dan menghindari terbentuknya karies gigi baru.

Demikianlah penjelasan bisakah karies gigi hilang atau sembuh. Kondisi karies gigi bisa diatasi dengan sejumlah treatment di atas. Supaya gigi Anda tidak mengalami masalah ini, pastikan untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan sikat gigi secara teratur. Baca juga manfaat air liur bagi kesehatan gigi

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.