Bagikan:

YOGYAKARTA - Kopi single origin biasa ditemukan di daftar menu kafe atau coffee shop. Istilah “single origin” sudah tidak asing bagi para penggemar kopi. Namun bagi orang awam atau baru menjadi penikmat kopi tentu belum familiar dan ingin tahu apa itu kopi single origin?

Saat ini minum kopi sudah menjadi kebiasaan maupun gaya hidup di kalangan anak-anak muda. Nongkrong di kafe bahkan bisa dibilang sebagai agenda rutin di sela-sela kuliah atau bekerja. Selain itu makin banyak orang yang mulai nyaman work from anywhere (WFA) atau kerja dari mana saja, salah satunya di kafe. 

Seiring dengan meningkatnya tren ngopi, banyak orang tertarik untuk memahami lebih jauh seputar kopi. Tidak hanya mengenali teknik pembuatan dan jenis-jenis penyajiannya, namun juga mengulik muasal produk kopi yang diolah. Termasuk ingin tahu apa itu kopi single origin dan jenis-jenisnya di Indonesia?

Apa Itu Kopi Single Origin?

Single origin adalah produk kopi yang dibuat dari satu jenis kopi yang sama. Kopi ini berasal dari satu sumber yang bisa itu dari daerah yang sama, wilayah yang sama, atau satu tanaman yang sama. Dapat dibilang bahwa kopi single origin memang benar-benar kopi yang asli dengan cita rasa satu jenis kopi karena tidak tercampur jenis kopi lain. 

Single origin merupakan istilah untuk merujuk pada asal usul biji kopi yang biasaya sudah dibudidaya dengan standar kualitas produksi kopi. Kopi ini dihasilkan dan diambil dari seperti single farm atau single estate untuk menyebut satu perkebunan atau pabrik kopi di daerah tertentu. 

Perbedaan Kopi Single Origin dengan Kopi Blend

Sebelum membahas kopi single origin, penting untuk mengetahui bahwa produk kopi secara umum terbagi menjadi dua kategori, yaitu blend dan single origin. Seperti namanya, kopi blend dibuat dengan mencampur berbagai jenis biji kopi. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan body dan profil rasa yang spesifik pada hasil akhir dari kopinya.

Jenis Kopi Single Origin

Indonesia termasuk penghasil kopi yang beragam dan tersebar di berbagai daerah. Terdapat beberapa kopi single origin dengan karakteristik khas lokal. Beberapa jenis kopi single origin yang sudah cukup dikenal seperti kopi Malabar dari Bandung, kopi Gayo dari Aceh, kopi Toraja dari Sulawesi Selatan, dan kopi Mandailing dari Sumatera Utara.

Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah salah satu kopi single origin yang sangat populer di Indonesia. Kopi ini dikenal karena kekentalannya dan tingkat keasamannya yang rendah. Rasa asam kopi Gayo bahkan bisa tercium dari aromanya. Selain itu, beberapa barista merasakan sensasi buah-buahan seperti nanas dan leci dalam kopi Gayo ini.

Kopi Malabar

Jenis kopi single origin kedua adalah kopi Malabar dari Bandung. Kopi dari Jawa Barat ini terkenal dengan rasa yang seimbang dan ramah di lidah. Biji ini memiliki tingkat keasaman yang rendah dan aroma manis.

Kopi Toraja

Tidak lengkap rasanya berbicara tentang kopi tanpa mencicipi kopi dari Sulawesi Selatan ini. Kopi Toraja merupakan produk kopi lokal yang sudah mendunia. Kopi ini memiliki tekstur yang tebal dan tingkat keasaman yang rendah. Aromanya mirip dengan teh, dengan sedikit sentuhan rasa tamarind dan sedikit cokelat.

Kopi Kintamani

Selanjutnya, ada kopi single origin Kintamani dari Bali. Kopi ini terkenal dengan tingkat keasaman yang tinggi, tidak terlalu kental, dengan sedikit rasa pahit. Uniknya, kopi Kintamani bisa memberikan sentuhan rasa lain yang menarik seperti jeruk dan kacang-kacangan.

Kopi Mandailing

Kopi single origin dari lokal terakhir ada kopi Mandailing. Jenis kopi ini tumbuh di daerah gunung vulkanik, sehingga membuatnya termasuk salah satu kopi berkualitas tinggi. Seperti kopi single origin lainnya, kopi Mandailing memiliki tingkat keasaman yang rendah dan menawarkan aroma buah-buahan, rempah-rempah, serta bunga.

Demikianlah ulasan apa itu kopi single origin yang harus dipahami oleh para penikmat kopi. Kopi single origin sangat cocok bagi Anda yang menginginkan minum kopi dengan rasa yang konsisten. Baca juga mengenal karakteristik kopi nusantara.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.