Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang aroma parfumnya begitu mengesankan? Setiap jenis aroma parfum menimbulkan wangi dengan nuansa yang berbeda-beda. Salah satu parfum yang sedang populer adalah wangi oud. Mungkin sebagian penasaran dengan aroma oud seperti apa.

Aroma oud dikenal juga dengan wangi agarwood alias gaharu. Gaharu adalah jenis pohon yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan membuat wangi-wangian. Parfum dengan aroma oud juga dijuluki sebagai “wangi pohon dari surga”. Sejauh ini, oud dinilai sebagai salah satu wangi-wangian yang terhamal di dunia. 

Wangi Parfum Aroma Oud

Wangi oud dibuat dari bahan kayu gaharu, pohon yang tumbuh di daerah tropis di hutan-hutan Asia Tenggara. Untuk menghasilkan wewangian, gahari diolah dengan cara dibakar kayunya atau mengekstraknya menjadi minyak atsiri. Minyak tersebut kemudian digunakan sebagai campuran parfum. 

Minyak atsiri diekstraksi langsung dari inti kayu gaharu yang telah terkena jamur. Hanya gaharu yang terinfeksi serangan jamur yang bisa menghasilkan sejenis resin wangi. Diyakini pada sepuluh pohon di alam liar, hanya ada satu pohon yang kayunya bakal terkena serangan jamur. Itulah alasan kayu gaharu yang wangi dikategorikan sebagia bahan langka. 

Namun kayu gaharu yang menyimpan wangi eklusif ini semakin langka dan susah ditemukan. Jadi wajar juga kalau harga kayu gaharu terbilang sangat mahal. Ada yang mengatakan bahwa kayu ini dijual seharga Rp1,5 miliar per kilogramnya. Mengingat harganya yang tinggi, sebagian besar parfum dengan wangi gaharu diproduksi dengan oud sitentis. 

Parfum wangi oud menawarkan taste aroma yang beragama. Pada parfum ini, terdapat aroma bersifat tajam, sweet, musky, serta nuansa mewah. Selain itu, parfum ini juga menghadirkan aroma hangat dan smoky dengan semburat dari wangi kayu basah. 

Keharuman parfom oud yang atraktif ini dinilai sebagai anugerah yang sangat berharga dan langka dari alam. Aroma oud juga dapat membangun kesan wewangian yang mewah, hangat, dan penuh keagungan apabila dicampur dengan minyak esensial lainnya. 

Sejarah Oud Diolah Menjadi Wewangian

Penggunaan gaharu sebagai wewangian telah berlangsung sejak zaman kuno. Catatan ini terbukti dari berbagai tulisan dalam kitab suci budaya-budaya kuno. Di Timur Tengah, tradisi membakar gaharu untuk menghasilkan asap wangi masih dilakukan hingga kini.

Beberapa literatur kuno menyebut kayu gaharu sebagai salah satu benda khas yang ditemukan di surga. Dalam tradisi Ibrani, oud dianggap sebagai sejenis dupa. Raja Salomo digambarkan “muncul dari padang gurun seperti kepulan asap, dengan keharuman mur dan dupa.”

Catatan dari Vietnam tengah pada abad ketiga Masehi menyebutkan ekstraksi gaharu dan ekspor ke Tiongkok dan Jepang. Kayu ini kemudian dibakar sebagai dupa. Orang-orang Tiongkok kuno yang kaya dikenal membuat peti mati mereka dari kayu beraroma ini.

Ketika penggunaan gaharu menyebar ke Eropa, keluarga kerajaan Prancis sangat menyukai wewangian oud. Raja Louis XIV yang dikenal dengan gaya hidup mewahnya menggunakan bahan wewangian gaharu untuk mencuci pakaiannya.

Penggunaan Gaharu sebagai Bahan Parfom Modern

Dalam dunia formulasi wewangian yang kompleks saat ini, gaharu semakin populer. Akhir-akhir ini, beberapa desainer parfum terkenal telah meluncurkan wewangian dengan aroma oud. Produk parfum dengan wangi kayu ini pun menjadikan tren.

Saat digunakan dalam komposisi parfum, oud biasanya menjadi aroma dasar (base notes). Hasil dari campuran parfum ini cenderung bertahan lama di kulit setelah aroma lainnya menghilang. Aroma oud biasanya sangat kaya, berat, dan tahan lama (hingga enam jam atau lebih).

Oud juga berfungsi untuk meningkatkan aroma bahan lainnya; dan dalam beberapa parfum, aroma gaharu itu sendiri yang justru ditonjolkan karena bisa memberikan keharuman manis yang penuh kehangatan.

Demikianlah penjelasan wangi parfum aroma oud yang disebut sebagai salah satu wewangian paling mahal di dunia. Parfum wangi oud cocok bagi Anda yang ingin memilliki aroma yang hangat dan bernuansa mewah. Baca juga aroma parfum fruity seperti apa

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.