Bagikan:

YOGYAKARTA - Mungkin Anda sempat menemukan beberapa parfum dengan harga yang tinggi. Nah, tahukah Anda, salah satu hal yang menyebabkan mahalnya parfum tersebut yaitu bahan yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, setiap parfum mempunyai ciri khas dan aroma masing-masing. Setiap wewangian tersebut diracik dengan bahan atau campuran yang berbeda, bahkan ada beberapa bahan yang sangat langka digunakan. Semakin rumit kita dapatkan, maka akan semakin mahal pula harga bahan parfum tersebut. Lantas, apa saja jenis bahan parfum termahal yang ada?

Bahan Parfum Termahal

Dilansir dari laman Beauty, di bawah ini adalah enam bahan parfum termahal:

Jasmine

Jasmine tergolong dalam bahan parfum termahal. Bunga jenis ini memang populer dimanfaatkan untuk ramuan parfum atau wangi-wangian. Namun, kebanyakan parfum yang dijual di pasaran adalah jenis jasmine sintetis. Meskipun harum, tentunya akan sangat berbeda dengan minyak jasmine alami. Untuk mendapatkan satu 1/25 ons minyak, Anda memerlukan setidaknya 8 ribu bunga jasmine. Dikarenakan banyaknya bunga yang diperlukan untuk menghasilkan minyak, maka harga bahan parfum ini juga tinggi.

Bulgarian Rose

Bulgarian Rose sering dimanfaatkan sebagai bahan wewangian premium. Harga bahan ini sangat tinggi karena memerlukan waktu yang lama dalam pengolahan. Untuk menghasilkan satu pon minyak, dibutuhkan 10 ribu pon kelopak Bulgarian Rose. Meski harganya sangat tinggi, tetapi bahan ini sangat populer di kalangan industri parfum Rose Valley di Bulgaria.

Orris

Orris merupakan bahan parfum yang bernilai tinggi karena tingkat kerumitan dan proses yang menghabiskan waktu cukup lama. Bunga yang sudah dipanen harus dikupas secara manual dan dibiarkan kering selama dua tahun. Langkah berikutnya, bunga yang sudah kering digiling dan diubah menjadi bahan pembuat parfum. Untuk mendapatkan 2 kilogram minyaknya, Anda membutuhkan satu ton orris yang sudah berumur 2–5 tahun.

Ambergris

Bahan parfum termahal lainnya yaitu ambergris. Para pecinta parfum pasti sudah tidak asing lagi dengan kandungan bahan yang satu ini. Ambergris adalah muntahan ikan paus yang dinilai dengan harga fantastis. Ambergris sering digunakan sebagai bahan parfum-parfum premium. Sebab, bahan ini mempunyai aroma yang sangat kuat dan memberikan sensasi yang menyenangkan pada kulit. Namun, IFRA (International Fragrance Association) sudah menghentikan penggunaan ambergris sebagai bahan pembuatan parfum.

Ambergris. (Pixabay)

Oud

Oud atau oudh termasuk bahan parfum termahal yang berasal dari kayu pohon tropis. Untuk menghasilkan oud, kayu tersebut harus terlebih dahulu terinfeksi jamur Phialophora Parastica. Dengan demikian, kayu akan menghasilkan oud, resin gelap, dan aroma yang harum. Sayangnya, hanya sedikit saja pohon yang menghasilkan oud, yang menyebabkan bahan ini sangat langka dan mahal.  

Ilustrasi parfum dengan aroma oud (Freepik)

Musk

Musk adalah kandungan parfum yang sering ditemukan pada parfum yang menginginkan aroma lembut. Sebagian besar parfum yang ada di pasaran memanfaatkan musk sintetis. Hal ini dikarenakan musk yang asli didapatkan dari rusa kasturi jantan, yakni salah satu hewan langka. Dengan adanya musk sintetis, pembunuhan dan perburuan rusa yang terancam punah dapat dikurangi.

Demikianlah ulasan bahan parfum termahal yang kerap digunakan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.