Bagikan:

YOGYAKARTA - Diet General Motors (GM) bisa menjadi pilihan metode diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Diet GM juga sering disebut sebagai diet kilat yang diyakini mampu mengurangi berat badan secara drastis. 

Diet GM diklaim dapat menurunkan berat badan sampai 7 kilogram hanya dalam satu minggu. Penurunan BB cukup fantastis karena dalam diet ini Anda harus membatasi menu dan porsi makan selama satu minggu. 

Dengan tawaran turun berat badan secara drastis, diet ini tentunya menggiurkan bagi sebagian orang. Namun banyak juga yang mempertanyakan apakah diet GM sehat? Metode-metode penurunan berat badan kilat memang menarik, namun di balik itu terkadang ada dampaknya tersendiri bagi kesehatan. 

Apa Itu Diet GM?

Diet GM adalah diet yang mengharuskan Anda merencanakan asupan makanan rendah kalori namun tinggi nutrisi selama 7 hari berturut-turut. Awalnya, diet GM dirancang khusus untuk karyawan General Motors pada tahun 1985. Namun seiring berjalannya waktu, diet ini mulai diterapkan oleh masyarakat umum. 

Menu diet GM umumnya terdiri dari variasi buah dan sayuran. Sebagai contoh, pada hari pertama, Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan. Kemudian pada hari kedua, Anda hanya makan sayuran dan seterusnya.

Manfaat Diet GM

Sebagian orang berminat menjalani diet GM karena ingin mendapatkan manfaatnya. Berikut ini sejumlah manfaat diet GM yang perlu Anda tahu:

  • Menurunkan berat badan mencapai 7 kg dalam satu minggu
  • Membuang racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak lebih banyak
  • Memperbaiki fungsi sistem pencernaan

Apakah Diet GM Aman?

Meski metode penurunan berat badan dilakukan secara alami dengan pembatasan makan, namun diet GM belum tentu aman bagi semua orang. Diet GM memang melibatkan konsumsi makanan sehat, tapi pembatasan dan ketidakseimbangannya dapat menyebabkan kekurangan nutrisi jika diterapkan dalam jangka waktu lama. 

Penurunan berat badan yang cepat akibat diet ketat ini juga bisa menyebabkan hilangnya massa otot, penurunan laju metabolisme, berkurangnya kepadatan mineral tulang, serta masalah kesehatan lainnya. Lantaran hanya diharuskan mengonsumsi protein berkualitas tinggi dalam satu minggu, Anda mungkin akan menjadi lemah dan kekurangan protein. 

Tak hanya itu saja, diet GM juga bisa menimbulkan efek negatif bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan makan. Pembatasan asupan kalori ini bisa menyebabkan gangguan makan menjadi kambuh. Diet ini juga dapat mendorong pola makan nggak teratur karena iming-iming hasil jangka pendek yang didapatkan. 

Diet ini tidak dapat dianggap sehat dan seimbang karena berpotensi mengurangi asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein yang tidak terdapat dalam buah dan sayuran. Kekurangan gizi dalam bentuk apa pun tidak akan menghasilkan penurunan berat badan yang bertahan lama. 

Pembatasan jenis makanan setiap hari justru bisa membuat Anda cepat merasa pusing dan ingin makan lebih banyak pada hari ketiga atau keempat. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah, kulit kering, kelelahan, otot lemah, dan anemia. Selain itu, asupan kalori yang sangat rendah tanpa diimbangi olahraga teratur dapat menyebabkan penurunan laju metabolisme tubuh.

SEE ALSO:


- https://voi.id/lifestyle/390838/ost-film-si-juki-the-movie-harta-pulau-monyet-huwala-disiapkan-ditto-percussion

- https://voi.id/lifestyle/390263/bisakah-karies-gigi-hilang-sembuhkan-dengan-treatment-berikut-ini

- https://voi.id/lifestyle/390750/chun-woo-hee-diincar-bintangi-drama-dengan-song-joong-ki

- https://voi.id/lifestyle/390228/berapa-ukuran-kamar-tidur-yang-ideal-berikut5-tipe-yang-bisa-kalian-sesuaikan-dengan-luas-rumah

- https://voi.id/lifestyle/390727/jordi-onsu-bantah-betrand-peto-pulang-kampung-pasca-kabar-cerai-ruben-dan-sarwendah

[/see_also

Diet GM Bukan Cara Aman Buat Menurunkan Berat Badan

Diet GM dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena makanannya rendah kalori dan tinggi kandungan air. Diet GM lebih merupakan strategi jangka pendek daripada metode penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan.

Masalah lain yang membuat diet ini kurang efektif adalah durasinya yang hanya tujuh hari dan tidak berkelanjutan setelah itu. Meskipun berat badan Anda mungkin turun selama diet, kemungkinan besar berat badan akan kembali naik setelahnya. Terutama jika Anda tidak mempertahankan pola makan yang sehat setelah diet berakhir.

Demikianlah jawaban dari apakah diet GM sehat dan aman? Diet GM merupakan metode penurunan berat badan secara kilat yang tidak aman bagi semua orang. Dari pada membatasi makan dan kalori secara ketat, lebih baik menerapkan pola makan seimbang untuk penurunan berat badan lebih sehat. Baca juga metode 2 2 2 untuk diet.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.