Bagikan:

YOGYAKARTA – Metode 2 2 2 untuk diet bisa dijadikan sebagai pilihan bila Anda ingin memangkas berat badan secara cepat.

Sama halnya dengan metode atau cara menurunkan berat badan pada umumnya, Metode ini adalah gabungan dari kebiasaan makan sehat, puasa, dan olahraga berat.

Bila Anda ingin mempraktikkan cara ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang metode 2 2 2 untuk diet.

Metode 2 2 2 untuk Diet Adalah

Metode 2 2 2 adalah metode penurunan berat badan yang diciptakan oleh Ian K. Smith, MD, penulis buku bertajuk The Met Flex Diet: Burn Better Fuel, Burn More Fat.

Metode 2 2 2 didefinisikan sebagai cara menurunkan berat badan dengan menggabungkan diet keto, puasa intermitten, pengaturan asupan karbohidrat, dan latihan interbal intensitas tinggi (HIIT).  

Dikutip dari laman Womens Health, Smith mengatakan bahwa angka 2 yang pertama adalah untuk dua jenis makanan yang berbeda, yakni makanan berlemak dan makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Lebih lanjut, angka 2 yang kedua mewakili aspek yang tidak terkait dengan makanan seperti penimbangan mingguan dan penjurnalan introspektif.

Sementara angka 2 yang ketiga mewakili olahraga yang terdiri dari latihan interval berat badan dan / atau intensitas tinggi.

Cara Melakukan Metode 2 2 2 untuk Diet

Smith mengatakan bahwa metode 2 2 2 berasal dari The Met Flex Diet. Dibutuhkan waktu 6 minggu untuk menjalankan metode ini dengan perencanaan sebagai berikut:

  • Minggu pertama: Puasa intermitten dengan gaya 14:10. Artinya, puasa 14 jam (boleh minum air tanpa kalori), kemudian makan dalam jangka waktu 10 jam. Makanan yang disantap harus berupa protein dan karbohidrat.
  • Minggu kedua: Puasa intermitten dengan gaya 5:2. Maksudnya, membatasi asupan kalori sebanyak 500 kalori pada dua hari dalam seminggu. Di hari lain, Anda bisa makan seperti biasa, namun membatasi makanan yang sebagia besar hanya mengandung karbohidrat.
  • Minggu ketiga dan minggu keempat: setelah memasuki minggu ketiga dan keempat, Anda harus berganti-ganti antara makanan yang mengandung karbohidrat dan makanan keto tinggi lemak. Anda juga akan menerapkan strategi puasa intermitten 16:8, yakni 16 jam berpuasa dan makan dalam jangka waktu delapan jam.
  • Minggu kelima dan dan minggu keenam: melakukan puasa intermitten dengan gaya 5:2. Artinya, Anda harus membatasi asupan kalori hingga 500 kalori pada dua hari pertama dalam seminggu. Di hari lain, Anda bisa menyantap makanan seperti biasa. Bergantian antara makanan keto tinggi lemak dan makanan yang kaya akan karbohidrat.

Menurut Smith, metode 2 2 2 untuk diet bakal meningkatkan fleksibilitas metabolisme Anda agar berhasul membakar lemak dan karbohidrat serta mendorong penurunan berat badan.

Demikian informasi tentang metode 2 2 2 untuk diet. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.