Bagikan:

YOGYAKARTA - Pondok Pesantren Tebuireng merupakan salah satu ponpes ternama di Indonesia. Ponpes yang berdiri sejak tahun 1899 oleh KH. Asy’ari ini terkenal dengan kurikulum pembelajarannya yang berkualitas dan pengajar yang kompeten dan berpengalaman. Banyak orang tua yang menanyakan biaya masuk Pondok Pesantren Tebuireng. 

Berlokasi di Jombang, Ponpes Tebuireng tidak hanya didatangi oleh para santri dari wilayah Jawa Timur saja. Pondok pesantren ini bahkan menjadi rujukan banyak orang tua dari seluruh daerah di Indonesia yang ingin memasukkan anaknya ke sekolah berbasis keagamaan. 

Ponpes Tebuireng tidak hanya mengajarkan materi pengetahuan agama Islam dan bahasa Arab, namun juga memberikan ilmu pelajaran umum kepada para santrinya. Jadi para santri yang mondok di sini tidak hanya dibimbing untuk memahami ilmu keislaman, namun juga dididik untuk menguasai pengetahuan umum seperti sekolah negeri atau swasta. 

Pondok pesantren ini juga menyediakan jenjang pendidikan dalam berbagai tingkatan, mulai dari SD hingga SMA. Para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di tempat ini tentunya perlu tahu biaya masuk ponpes Tebuireng dan rincian pembiayannya. 

Biaya Masuk Pondok Pesantren Tebuireng

Biaya pendidikan di pondok pesantren Tebuireng dipatok bervariasi tergantung dari jenjang pendidikan yang ditempuh oleh peserta didik. Berikut ini rincian biaya masuk atau daftar ulang di Pesantren Tebuireng tahun pelajaran 2024-2025 dilansir dari laman resminya.

Caption

Daftar Jenjang Sekolah di Pondok Pesantren Tebuireng

Berikut ini beragam jenjang pendidikan di Ponpes Tebuireng yang bisa dipilih orang tua untuk memasukkan anaknya sesuai tingkatannya masing-masing. 

SD Islam Tebuireng Ir. Soedigno

Lembaga ini terletak di Desa Kesamben, Kabupaten Jombang, yang berjarak 26 km ke arah utara. Pendirian lembaga ini didasarkan pada pentingnya pendidikan di usia dini dan pendidikan dasar yang bertujuan menanamkan serta mengamalkan nilai-nilai keimanan, akhlak mulia, kepribadian luhur, serta nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, struktur kurikulum SDIT Ir. Soedigno mengikuti kurikulum 2013 dengan penekanan pada muatan lokal seperti membaca dan menulis Al Quran, amaliyah ibadah sunnah, praktik ibadah, bahasa Arab, serta seni dan budaya. Diharapkan para lulusannya fasih membaca Al Quran, peduli terhadap lingkungan dan sesama, terampil berbahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris), serta memiliki sikap percaya diri.

MTS Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng

Lembaga ini adalah unit tertua di Ponpes Tebuireng yang telah ada sejak kepemimpinan Kiai Abdul Wahid Hasyim. Pada tahun 1951, lembaga ini memperoleh pengakuan resmi di bawah pimpinan Kiai Abdul Karim Hasyim. Berdasarkan SK No. 001250/BAN-S/M/2009, MTs Salafiyah Syafi'iyah Tebuireng mendapatkan status Disamakan dan Terakreditasi A.

Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng

Disingkat MASS Tebuireng, lembaga ini adalah salah satu unit pendidikan formal swasta yang berada di bawah Pesantren Tebuireng Jombang. Kurikulumnya merupakan perpaduan antara kurikulum pesantren dan kurikulum nasional. Sampai saat ini MASS Tebuireng telah menghasilkan lulusan berprestasi di beragam bidang yang tersebar di seluruh negeri.

SMP Abdul Wahid Hasyim Tebuireng

Lembaga ini menyelenggarakan program unggulan Advance Learning Class (ALC) yang berada di bawah naungan Pesantren Tebuireng International Standard School (PTISS). Lembaga ini juga bekerja sama dengan University of Cambridge International Examinations (CIE). Lembaga ini diklaim sebagai salah satu sekolah yang telah meraih predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

SMA Abdul Wahid Hasyim Tebuireng

Secara struktural, SMA AWH berada di bawah naungan Yayasan Hasyim Asy'ari Pesantren Tebuireng dan dibina oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Didirikan pada tahun 1975, SMA AWH kini menerapkan kurikulum nasional dengan tambahan kurikulum pesantren yang mencakup akidah akhlak, hadis, fiqh, bahasa Arab, aswaja, dan sejarah kebudayaan Islam.

SMA Trensains Tebuireng

Dikenal juga sebagai Pesantren Sains, unit pendidikan ini mengintegrasikan pesantren dengan pendidikan umum di bidang sains. SMA ini tidak menggabungkan materi pesantren dengan ilmu-ilmu umum seperti pesantren modern, melainkan fokus pada pemahaman Al Quran dan hadis, sains alam, serta interaksi antara keduanya.

Madrasah Muallimin Hasyim Asy’ari

Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengembalikan nilai-nilai dasar pesantren sebagai lembaga Tafaqquh fi al-din. Materi pelajarannya terdiri dari 90 persen materi agama (kitab salaf) dan 10 persen ilmu umum. Metode pendalaman pelajaran diberikan melalui diskusi atau musyawarah kelas.

Ma’had ‘Aly Hasyim Asy’ari

Didirikan pada tanggal 6 September 2006, lembaga ini bertujuan membangun paradigma baru dengan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan agama dan umum secara bersamaan, dalam satu kesatuan yang terpadu, dengan menjadikan Al Quran dan hadis sebagai sumber utama pengembangan ilmu.

SMK Khoiriyah Hasyim Tebuireng

Terletak di Jalan KH Hasyim Asy'ari No. 13, Balong Besuk, Diwek, Kabupaten Jombang, lembaga ini mengutamakan program multimedia yang berkolaborasi dengan beberapa institusi seperti ITS Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, dan UIN Maliki Malang. Fokusnya adalah pada pengembangan website, multimedia, game, rumah produksi, dan industri periklanan sebagai peluang kerja atau usaha yang ditargetkan.

SMP Sains Tebuireng

Alamat lembaga ini berada di Jalan Jombang-Pare KM 19, Jombok, Ngoro, Kabupaten Jombang. SMP Sains Tebuireng didirikan oleh KH Salahuddin Wahid dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman akan keagungan Al Quran, sehingga semua kemajuan ilmu pengetahuan tetap berada dalam konteks agama dan tidak menyimpang dari ajarannya.

Demikianlah informasi biaya masuk Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang Jawa Timur. Rincian biaya tersebut merupakan biaya daftar ulang untuk tahun pelajaran 2024-2025 yang dikutip dari laman resminya. Ponpes ini telah terbukti menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompeten secara keilmuan dan memiliki moral yang baik. Baca juga perjuangan Hasyim Asy'ari bersama para santri di Tebuireng.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.