Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam dunia kerja, surat paklaring jadi dokumen bernilai yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Karena dalam surat ini terdapat informasi mengenai jenjang karir pekerja semenjak dari awal hingga akhir. Umumnya, surat paklaring diberikan sesudah pekerja mengundurkan diri (resign), terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), ataupun pensiun. Ayo bahas, apa itu surat paklaring!

Biasanya, HRD perusahaan ataupun lembaga kecil mengeluarkan surat paklaring saat sebelum karyawannya pindah ke perusahaan baru. Bila kalian juga lagi menghitung hari menuju perpindahan kerja, hendaknya jangan lupakan surat ini, ya.

Karena tidak hanya dapat membuktikan kalau kalian memanglah pernah bekerja secara profesional, surat “sakti” ini memiliki fungsi lain yang bakal mempermudah kalian. Nah, kira-kira apa pengertian paklaring serta fungsi tersebut, ya?

Apa Itu Surat Paklaring

Paklaring ataupun surat keterangan bekerja merupakan dokumen yang membagikan konfirmasi formal kalau seorang sempat bekerja di sesuatu perusahaan ataupun instansi. Surat ini mencantumkan informasi mengenai jabatan serta periode waktu seseorang bekerja di perusahaan tersebut.

Bagi definisi dari Badan Pembinaan Hukum Nasional, paklaring merupakan surat penjelasan yang menerangkan kalau seseorang sudah bekerja pada sesuatu perusahaan dengan jabatan tertentu serta dalam rentang waktu tertentu.

Surat paklaring umumnya dikeluarkan oleh bagian HRD perusahaan, dengan demikian keberadaannya bukan sekedar surat biasa. Proses pembuatannya didasarkan pada informasi yang dipunyai oleh atasan serta pihak HRD yang relevan.

Fungsi Surat Paklaring

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam pengertian paklaring, dokumen ini dikeluarkan perusahaan pada saat ada karyawannya yang berhenti bekerja dengan alasan yang jelas. Nah, umumnya surat paklaring ini diperlukan buat melamar kerja di perusahaan yang baru.

Kebanyakan perusahaan memang meminta surat ini selaku bukti kalau sang pelamar mempunyai pengalaman kerja yang sesuai dengan Curriculum Vitae (CV) nya. Tidak hanya itu, kalian pula wajib mengetahui peranan lain dari surat paklaring ini, yakni:

  • Persyaratan buat proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan
  • Persyaratan buat mengajukan beasiswa jalur profesional
  • Pelengkap persyaratan buat mengajukan pinjaman bank ataupun kartu kredit
  • Melamar pekerjaan

Khusus buat melengkapi persyaratan pengajuan pinjaman bank ataupun kartu kredit, umumnya karyawan meminta surat paklaring pada saat masih bekerja. Dengan begitu, karyawan tersebut dapat membuat pihak bank ataupun pemberi pinjaman percaya kalau si peminjam memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap.

Cara Membikin Surat Paklaring Kerja

Bila kalian merupakan tim HRD di perusahaanmu saat ini, pastinya kalian wajib mengetahui bagaimana metode membuat surat paklaring kerja. Terdapat beberapa komponen ataupun isi yang wajib dicantumkan dalam surat paklaring, yakni:

  1. Kop surat perusahaan: bagian ini buat menunjukan kalau surat yang dikeluarkan oleh perusahaan tempatmu bekerja bersifat resmi
  2. Nama perusahaan: cantumkan nama perusahaan serta alamat lengkap di dalam surat paklaring
  3. Nama surat: umumnya dicantumkan di bagian tengah atas
  4. Nomor surat: buat keperluan arsip sekalian mempermudah pelacakan tiap surat yang keluar
  5. Isi surat: bahasa yang digunakan bisa baku ataupun tidak, yang penting memuat pernyataan yang jelas kalau karyawan yang namanya tercantum memanglah sempat bekerja di industri terkait
  6. Penutup: bahasa yang digunakan dapat baku ataupun tidak, tetapi wajib memuat tujuan pembuatan surat paklaring dengan jelas. Contohnya buat melamar pekerjaan ataupun mengajukan pinjaman bank.

Selain itu kalian juga perlu mengetahui: “Aplikasi Untuk Buat Surat Lamaran Kerja” agar mempermudah hidup kalian nanti.

Jadi setelah mengetahui apa itu surat paklaring, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!