Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring Terbaru 2022
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi sebagian orang tentunya bakal bertanya, apakah ada cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan tanpa paklaring? Tentunya ada dan bisa-bisa saja. Bagai mana caranya tanpa paklaring?

Paklaring merupakan surat-surat atau bukti pengalaman kerja seseorang, bahwa dirinya pernah berprofesi di perusahaan yang mengeluarkan surat itu. Surat ini biasanya diterbitkan oleh HRD setempat.

Biasanya, mencairkan dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bisa dijalankan, apabila seseorang sudah memenuhi seluruh syarat yang diperlukan, termasuk paklaring. Persyaratan utamanya, merupakan minimal satu bulan sesudah tak berprofesi lagi atau menjelang masa pensiun. 

Tapi, jangan kuatir, tentu saja seseorang dapat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan tanpa paklaring. Satu hal yang semestinya benar-benar dilihat, adalah metode ini cuma berlaku apabila perusahaan daerah berprofesi peserta telah benar-benar tutup dan tak aktif lagi.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring

Apabila perusahaan masih beroperasi dan aktif, peserta seharusnya konsisten membawa paklaring dari perusahaan itu, supaya saldo konsisten dapat dicairkan.

Sebagai substitusi paklaring, peserta BPJS Ketenagakerjaan cuma perlu membikin surat pernyataan di atas materai 10.000, yang isinya mengucapkan:

  • Bahwa peserta sebagai tenaga kerja sudah benar-benar berhenti bekerja.
  • Bahwa perusahaan sudah benar-benar tutup.
  • Bahwa peserta belum mengajukan pencairan dana.

Bila memungkinkan, silakan menyertakan fotokopi ID Card/Kartu Karyawan sewaktu peserta masih bekerja di perusahaan yang telah tutup tersebut.

Surat pernyataan itu dijadikan di kantor BPJS Ketenagakerjaan teregistrasi. Arti kantor BPJS Ketenagakerjaan teregistrasi yaitu kantor yang dahulu menerbitkan kartu kepesertaan peserta yang mengajukan pencairan dana itu. 

Apabila telah membikin surat pernyataan di kantor BPJS yang teregistrasi, peserta dibolehkan mengambil dana miliknya, walau tak menyertakan paklaring. 

Tetapi, tentu saja peserta konsisten seharusnya memenuhi segala persyaratan dan ketetapan lainnya, seperti belum berprofesi lagi di perusahaan baru minimal satu bulan dan status kartu atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan telah nonaktif.

Berdasarkan buku Tutorial Legal Mendapatkan Jaminan Sosial Dari BPJS Ketenagakerjaan terbitan Regu Visi Yustisia, peserta juga seharusnya melengkapi berkas-berkas syarat yang lainnya, antara lain:

  • Kartu peserta BPJS-TK (Jamsostek) asli beserta foto kopi.
  • Salinan dan asli KK (Kartu Keluarga).
  • Salinan rekening tabungan atas nama pribadi, tidak boleh buku tabungan atas nama orang lain, meskipun itu keluarga sendiri.
  • KTP elektronik asli beserta salinannya.
  • NPWP jika saldo JHT sudah di atas 50 juta.

Penting untuk diingat, bahwa jangan sekali-sekali mencoba untuk mengakali pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan membikin paklaring palsu, pertanda tangan, dan stempel perusahaan yang juga dipalsukan.

Karena, apabila hal itu hingga terjadi dan peserta ketahuan menjalankannya, bersiaplah untuk berurusan dengan pihak Hukum dan kepolisian. 

Setelah mengetahui cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan tanpa paklaring, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!