Kartu BPJS Ketenagakerjaan: Jangan Sampai Nggak Punya Kartu Fisiknya, Penting!
Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Instagram @BPJS Ketenagakerjaan)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagai pekerja kita wajib memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan secara fisik untuk memuat identitas diri, dan juga nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu fungsi adanya kartu itu yaitu untuk memudahkan pencairan saldo atau klaim JHT.

Meski, saat ini kartu BPJS Ketenagakerjaan telah dalam wujud komputerisasi. Cuma saja, kartu BPJSTKU dalam wujud jasmani tidak dikesampingkan masih diperlukan dalam kondisi tertentu.

Ada sejumlah alasan cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan di antaranya rusak, sirna, atau HRD perusahaan belum memberikannya.

Di sisi lain, kartu komputerisasi juga mempunyai fungsi yang sama dengan wujud jasmani kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi Anda yang mau mencetak kartu dalam wujud jasmani, demikian ini sistem cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan praktis.

Beberapa Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

 

Konfirmasi pada HRD

Metode cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yaitu mengonfirmasi pada HRD di perusahaan daerah Anda berprofesi.

Anda dapat minta kartu jasmani BPJS Ketenagakerjaan yang baru sehingga HRD bisa langsung mengurusnya.

Lagi pula, pengerjaan cetak kartu BPJSTKU yakni 7 hari kerja semenjak data kepesertaan diterima oleh pihak BPJSTKU.

Tapi, metode ini cuma dapat Anda lakukan apabila masih aktif berprofesi di perusahaan, lo!

Pastikan kembali apakah HRD telah menonaktifkan BPJSTKU atas nama Anda atau belum.

Hal ini untuk memudahkan ketika klaim atau pencairan saldo BPJSTKU.

Cetak melalui Aplikasi

Metode cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yakni lewat aplikasi BPJSTKU.

Anda cukup mendownloadnya pada smartphone dan daftar akun lebih dulu.

Berdasarkan @BPJSTKinfo, peserta dapat secara mandiri mencetaknya dengan kertas HVS.

Sesudah itu, ada bagusnya laminating kartu itu supaya tidak gampang rusak.

Langkah cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan:

  • Unduh aplikasi BPJSTKU via ponsel.
  • Daftar pada menu yang tersedia.
  • Jika sudah, login pada aplikasi.
  • Pada menu, klik Kartu Digital.
  • Klik tampilan kartu digital tersebut.
  • Pilih tiga titik di pojok kanan atas.
  • Simpan kartu ke galeri atau kirim via email.
  • Buka di galeri dan kamu sudah bisa mencetaknya secara mandiri.

Penting untuk Anda tahu bahwa kartu BPJSTKU terdiri dari depan dan belakang,

Untuk itu, Anda dapat menjalankan cetak depan belakang pada kartu itu dan lakukan laminating.

Cuma saja, tidak jadi persoalan jikalau Anda mencetaknya pada komponen depan.

Ini sebab yang diperlukan ketika mencairkan saldo BPJSTKU yakni nomor peserta yang ada pada komponen depan kartu.

Cetak melalui Laman Sah BPJSTKU

Cetak kartu BPJSTKU via website sah tergolong gampang sebab cukup memakai smartphone atau Komputer.

Kartu komputerisasi yang Anda cetak itu tidak akan memengaruhi untuk e-klaim BPJSTKU.

Anda dapat mencetaknya ke tukang fotokopi supaya dapat mencetaknya secara depan belakang.

Sistem cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan:

  • Kunjungi situs BPJSTKU atau klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masukkan nama email yang sudah kamu daftarkan.
  • Jika belum, buat akun baru.
  • Setelah itu, login nama dan password.
  • Isi captcha.
  • Pada menu, klik kartu digital.
  • Pilih atau klik gambar kartu BPJSTKU.
  • Simpan kartu digital tersebut.
  • Selesai, kamu sudah bisa mencetaknya dengan kertas HVS.

Cetak lewat Kantor Cabang

Cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir yakni dikerjakan lewat kantor cabang.

Cuman, hal itu bakal menyita waktu dan daya.

Tetapi, tidak ada salahnya sistem ini Anda lakukan di tengah alternatifonline.

Apalagi, apabila Anda tidak mendapatkan kartu fisik dari perusahaan.

Sistem cetak kartu BPJTKU via kantor BPJS yakni mengunjungi kantor cabang teregistrasi dan sampaikan pada petugas.

Nantinya, petugas akan memproses permohonan cetak layanan kartu BPJSTKU itu.

Apabila Anda telah tak berprofesi lagi, ada bagusnya lampirkan surat keterangan belum mendapatkan kartu dari HRD perusahaan.

Itu supaya pencairan saldo BPJSTKU berjalan dengan lancar.

Cara Cek Nomor Nomor BPJS Ketenagakerjaan Kalau - Kalau Hilang Kartunya

Cek Via Website

Yakni melalui laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dan berikut langkah-langkahnya:

  • Akses laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id 
  • Masukkan alamat email dan password yang telah terdaftar di sso.bpjs.ketenagakerjaan.go.id
  • Jika Anda belum memiliki akun di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, maka bisa pilih Buat Akun Baru
  • Lalu centang saya bukan robot
  • Klik Login
  • Setelah masuk ke dashboard sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, maka klik Kartu Digital
  • Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan akan muncul
  • Pada kartu digital BPJS Ketenagakerjaan tersebut tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan

Pakai Aplikasi JMO

Bila sudah terdaftar di aplikasi JMO berikut  cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diikuti:

  • Buka aplikasi JMO di HP
  • Login menggunakan email dan password
  • Pada halaman utama, pilih menu Profil Saya
  • Kemudian, pilih menu Kartu Digital Anda
  • Klik Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbesar
  • Kartu digital akan tampil lengkap dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan

Lewat Call Center

Kamu bisa menghubungi call center pada jam kerja di nomor 175.

Cek di Kantor Cabang

Datangi kantor cabang terdekat dengan membawa KTP dan KK untuk syarat pengecekan.

Setelah memahami cara membuat kartu BPJS ketenagakerjaan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!