Lupa Nomor BPJS Ketenagakerjaan? Tenang, Begini Solusinya
Ilustrasi Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Harus diketahui bahwa pekerja yang terdaftar sebagai pemegang BPJS Ketenagakerjaan akan memiliki nomor keanggotaan. Nomor BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari 16 digit angka yang harus diingat. Namun, banyak pekerja yang kadang lupa nomor BPJS Ketenagakerajaan mereka.

Di sisi lain, nomor BPJS Ketenagakerjaan cukup penting karena dapat dipakai hal-hal yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan mulai dari cek saldo JHT hingga klaim yang dilakukan saat terjadi sesuatu. Lalu adakah solusi saat kita lupa dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan?

Solusi untuk Masyarakat yang Lupa Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda yang ingin mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, ada banyak cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Cek Lewat Website BPJS Ketenagakerjaan

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang kehilangan nomor bisa didapatkan kembali melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pengecekan bisa dilakukan lewat HP atau perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ melalui ponsel atau laptop;
  • Setelah itu login dengan memasukkan alamat email dan password yang sebelumnya sudah terdaftar;
  • Pilih Saya Bukan Robot lalu Login;
  • Setelah masuk ke Beranda, pilih Kartu Digital;
  • Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman yang memuat gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan digital. Di halaman tersebut akan diperlihatkan nomor, nama peserta, dan jumlah saldo yang tersimpan.
  1. Aplikasi BPJSTKU

Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang lupa atau hilang bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU. Anda bisa melakukan pengecekan lewat ponsel dengan cara sebagai berikut.

  • Download aplikasi BPJSTKU yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store;
  • Setelah terinstal, buka aplikasi di perangkat Android maupun iOS;
  • Login dengan memasukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar sebelumnua;
  • Setelah masuk di Beranda, pilih menu Kartu Digital;
  • Anda akan dibawa ke halaman yang memuat Kartu BPJS Ketenagakerjaan digital lengkap dengan nomor dan nama kartu peserta.
  1. Chat Akun Media Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Informasi tentang nomor BPJS Ketenagakerjaan bisa pula didapatkan dengan menghubungi sosial media resmi BPJS Ketenagakerjaan dengan verifikasi centang biru. Masyarakat bisa bertanya lewat berbagai kanal medsos baik Instagram, Twitter, Facebook, bahkan email yang beralamat di @bpjsketenagakerjaan.go.id.

  1. Call Center BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan layanan pusat bantuan call center yang diberikan untuk masyarakat yang menjadi peserta. Lewat call center, peserta bisa mengemukakan kendala yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui telepon di jam kerja dengan nomor kontak 175, atau bisa juga ke email [email protected]. Sedangkan masyarakat yang berada di luar negeri bisa menghubungi BPJS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp di nomor 0811-9115910 dan 0855-1500910.

  1. Datagi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Masyarakat juga bisa mendatangi kantor wilayah (kanwil) BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Cara ini bisa digunakan jika kanal online mengalami kendala. Petugas akan memandu Anda mendapatkan kembali nomor BPJS Ketenagakerjaan. Namun peserta harus membawa dokumen pendukung seperti KTP asli atau Kartu Keluarga sebagai validasi data.

Lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan bisa diatasi dengan mudah sehingga masyarakat tak perlu panik. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.