Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahukah kalian apa itu pakta integritas? Tentunya hal ini merujuk pada sebuah dokumen penting yang sering jadi syarat untuk mengurus sebuah administrasi. Seperti apakah itu?

Contoh dokumen yang terkait dengan pakta integritas ya seperti yang ada di dalam kepengurusan pendaftaran pekerjaan, sekolah, kuliah dan juga dalam urusan di zona pemerintahan.

Pasalnya, istilah integritas ini kerap kali dihubungkan dengan prilaku atau sikap yang menggambarkan diri atau individu seseorang. Sikap integritas amat penting selaku bentuk tanggung jawab diri serta pula berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan.Agar mudah memahami lebih lanjut tentang pakta integritas, simak uraiannya berikut ini:

Apa Itu Pakta Integritas

Kalau dilihat secara Bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pakta ialah sebuah perjanjian internasional. Sementara itu kalau integritas penafsiran katanya merupakan mutu, sifat, atau keadaan yang memperlihatkan kesatuan yang utuh sehingga mempunyai potensi dan kemampuan yang memancarkan sebuah kewibawaan; keamanahan.

Jadi, secara umum pengertiannya adalah sebuah pernyataan atau janji terkait komitmen untuk menjalankan semua tugas dan tanggungjawab sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

Sedangkan bagi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi No 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga serta Pemerintahan Daerah, dokumen pakta integritas merupakan dokumen yang berisi statment ataupun janji kepada diri sendiri tentang komitmen melakukan segala tugas, guna, tanggung jawab, wewenang serta peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta kesanggupan buat tidak melaksanakan korupsi, kolusi serta nepotisme.

Tujuan Pakta Integritas

Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ketersediaan dokumen pakta integritas jadi penting. Ini selaku wujud komitmen tertulis dalam upaya melaksanakan fungsi integritas serta akuntabilitas kinerja tiap pegawai, dan meminimalisir kemungkinan terbentuknya malfungsi tugas serta peranan pegawai, yang bisa membatasi pencapaian tujuan organisasi.

Tujuan pelaksanaan pakta integritas yaitu meliputi selaku berikut:

  • Menguatkan komitmen bersama dalam penangkalan serta pemberantasan korupsi.
  • Menumbuhkembangkan keterbukaan serta kejujuran, dan memperlancar penerapan tugas yang bermutu, efisien, efektif serta akuntabel.
  • Mewujudkan pemerintah serta warga Indonesia yang maju, mandiri, bertanggung jawab serta bermartabat dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur budaya bangsa, Undang-Undang Dasar Negara RI 1945, serta Pancasila

Cara Membuat Pakta Integritas

Kiat membuat pakta integritas yaitu sesuai dengan format yang didetetapkan. Format pakta integritas sendiri mengikuti ketentuan yang sudah diresmikan sesuai ketentuan serta syarat administrasi yang berlaku pada sesuatu organisasi ataupun lembaga tertentu.

Secara umum, format pakta integritas meliputi selaku berikut:

    1. Judul pakta integritas

  1. Identitas berisi data diri yang bertanda tangan atau bersangkutan
  • Nama
  • Tempat & Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Alamat
  • Nomor Telepon
  • Pekerjaan
  • Pendidikan Terakhir
  • dan lain-lain.
  1. Isi pernyataan pakta integritas
  2. Penutup
  3. Tempat dan tanggal dibuatnya pakta integritas tersebut
  4. Tanda tangan serta nama terang yang bersangkutan.

    Tambahan, terkait penandatanganan dokumen pakta integritas pada umumnya wajib disertau materai 10.000. Mengada demikian? Agar dokumen pakta integritas yang sudah dibuat bakalan berbadan hukum.

    Jadi setelah mengetahui seperti apa itu pakta integritas, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!