Cara Menghilangkan Lemak di Paha secara Alami dan Medis, Pilih yang Mana?
Ilustrasi gerakan mengencangkan otot paha (Unsplash/Sergio Pedemonte)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tumpukan lemak pada tubuh sering dikeluhkan oleh kaum wanita. Salah satunya dalah lemak di paha. Paha yang menggelambir bisa membuat tidak percaya diri hingga terkadang menganggu kenyaman. Banyak wanita yang mencari tahu cara menghilangkan lemak di paha.

Lemak bisa menumpuk di paha karena karena kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibanding kalori yang terbakar. Namun ada tidak perlu gelisah karena ada beragam cara menghilangkan lemak di paha secara alami maupun medis.

Cara Menghilangkan Lemak di Paha secara Alami

Lemak yang menumpuk di paha bisa dihilangkan dengan metode alami. Berikut tips kesehatan atau langkah-langkah yang bisa anda lakukan. 

Olahraga Rutin

Cara paling ampuh untuk menghilangkan lemak di paha adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang disarankan adalah jenis olahraga kardio, seperti jogging, berenang, bersepeda, dan sebagainya. 

Sejumlah aktivitas tersebut efektif untuk mengusir tumpukan lemak di paha. Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan otot di sekitar betis dan paha sehingga membuat kaki tampak lebih indah. 

Tidak cuma olahraga kardio. Anda juga bisa melakukan beberapa olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti squat dan lunges. Anda juga bisa berolahraga menggunakan bantuan alat seperti leg curl dan leg press. 

Diet Sehat

Para wanita biasanya juga berusaha menghilangkan lemak di paha dengan cara diet sehat. Diet dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Anda bisa mengurangi asupan tinggi kalori, seperti makanan manis, berlemak, hingga bertepung. 

Tidak cuma mengurangi porsi asupan sejumlah makanan tersebut. Anda juga dapat memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein, sayur, dan buah. Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh jangan sampai kekurangan mengonsumsi air putih dan menghindari minuman beralkohol.

Cara Menghilangkan Lemak di Paha secara Medis

Selain memakai metode alami, anda juga bisa menghilangkan lemak di paha secara medis. Untuk menerapkan cara ini, anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan anjuran treatment medis. 

Sculpsure

Metode menghilangkan lemak di paha ini dilakukan dengan menggunakan teknologi laser. Cara kerjanya yakni memanfaatkan laser untuk menghasilkan suhu panas. Suhu tersebut dapat menghancurkan lemak atau mencairkan gumpalan lemak yang menumpuk di bagian tubuh, salah satunya paha.

Anda tidak perlu khawatir karena sculpsure tidak memerlukan pembiusan. Proses sculpsure juga hanya 25 menit lamanya. Namun perlu anda ingat bahwa prosedur nonbedah ini bisa menimbulkan efek samping berupa memar dan kesemutan. Tenang saja karena efek samping biasanya hanya terjadi cenderung cepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sculpsure memerlukan beberapa sesi terapi sekitar 6-12 minggu. 

Coolsculpting

Metode yang satu ini dilakukan dengan cara pembekuan. Coolsculpting dinilai cukup efektif untuk menghilangkan lemak sama seperti operasi sedot lemak. Namun coolsculpting tidak memerlukan pembedahan dan minim risiko. 

Metode coolsculpting dapat menimbulkan efek samping, seperti memar, nyeri, bengkak, hingga kesemutan. Proses coolsculpting hanya butuh waktu sekitar 1 jam dan hasilnya dapat dilihat setelah 3 minggu kemudian.

Zerona

Zerona adalah cara menghilangkan lemak di paha tanpa dilakukan operasi. Metode ini dilakukan dengan memanfaatkan sinar laser dan suhu dingin yang bisa menembus pori-pori kulit. 

Proses tersebut dapat menghancurkan lemak dan mengeluarkannya dari tubuh. Metode ini tidak menimbulkan efek samping berupa nyeri. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda perlu melakukannya selama beberapa kali perawatan. 

Ultrashape

Ultrashape adalah cara menghilangkan lemak dengan memanfaatkan gelombang untuk membentur kontur tubuh. Proses ini berfungsi mengurangi jaringan lemak di paha, perut, pinggul, dan lengan atas. Namun metode ini dapat mengakibatkan efek samping berupa sedikit nyeri dan memar pada tubuh yang mendapatkan treatment. 

Itulah sejumlah cara menghilangkan lemak di paha dengan metode alami dan medis. Tumpukan lemak di perut bisa berkurang dengan cepat jika anda melakukannya secara rutin. Namun lebih baik anda menerapkan pola hidup sehat, berupa olahraga dan diet. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.