Bagikan:

YOGYAKARTA - Aktivitas seks bermanfaat untuk meningkatkan keintiman hubungan suami istri. Para suami istri memang dianjurkan having sex secara rutin. Selain membangun kebahagiaan rumah tangga dan membuat pernikahan langgeng, rutin berhubungan intim juga menyehatkan secara fisik dan psikis. 

Namun terkadang ada beberapa keadaan dimana pasangan suami istri tidak bisa melakukan aktivitas seksual secara rutin. Misalnya ketika pasangan berada dalam hubungan long distance marriage (LDM). Keduanya harus menahan diri untuk tidak berhubungan intim selama beberapa waktu sampai bisa bertemu. 

Sebagian orang mungkin kesulitan ketika harus libur melakukan aktivitas seksual dalam waktu lumayan lama. Lantas berapa lama wanita tahan tidak berhubungan intim dengan pasangannya?

Seberapa Sering Hubungan Intim yang Ideal?

Mengenai patokan waktu yang ideal untuk berhubungan intim, sebenarnya tiap pasangan memiliki kenyamanan masing-masing. Beberapa pasangan mungkin sangat bahagia aktivitas seksual setiap hari. Sementara pasangan lain mungkin melakukannya hanya sekali seminggu atau bahkan sekali sebulan.

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang paling bahagia adalah mereka yang rata-rata berhubungan intim setidaknya dua kali seminggu. Pasangan yang berhubungan intim sekali seminggu juga dikatakan bahagia, memiliki risiko stres yang lebih rendah, dan hubungan yang lebih berkualitas.

Berapa Lama Wanita Tahan Tidak Berhubungan Intim?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Social Psychological and Personality Science mengungkapkan bahwa dari sekitar 6000 peserta ditemukan 16 persen pasangan tidak berhubungan intim dalam sebulan terakhir. Di samping itu, sebanyak 15 persen pasangan lainnya tidak berhubungan intim selama enam bulan terakhir.

Walaupun seseorang bisa tidak berhubungan intim selama berbulan-bulan, penelitian menunjukkan bahwa tidak ada patokan pasti mengenai berapa lama seseorang bisa bertahan tanpa berhubungan intim. Para pakar menyebutkan bahwa pasangan yang berhubungan intim kurang dari 10 kali dalam setahun punya potensi memiliki hubungan suami istri yang tidak sehat.

Seseorang yang memiliki hubungan intim rutin setiap hari atau lebih sering juga bisa memiliki hubungan pernikahan yang sehat. Faktanya, frekuensi berhubungan intim bukanlah penentu utama kebahagiaan dan kepuasan dalam hubungan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Berhubungan seksual merupakan salah satu bentuk bahasa cinta atau love language physical touch. Dalam sentuhan fisik dengan pasangan, terjalin emosional yang mendalam dan menimbulkan kesan luar biasa. Itulah mengapa pasangan suami istri diharapkan bisa mengatur jadwal having sexs secara rutin untuk meningkatkan kualitas hubungan. 

Berbicara mengenai hubungan intim pasangan suami istri, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa lama seseorang bisa menahan aktivitas seksual. 

Kebutuhan Pribadi

Setiap pasangan atau orang mempunyai preferensi yang berbeda untuk frekuensi dan jenis aktivitas seksual yang diinginkan. Beberapa orang mungkin merasa puas dengan aktivitas seksual yang jarang, sedangkan yang lain merasa perlu berhubungan seksual lebih sering.

Psikologis

Tingkat emosi, perasaan, dan kondisi psikologis seseorang juga dapat mempengaruhi seberapa lama mereka bisa bertahan tanpa berhubungan seksual. Stres, kecemasan, depresi, atau masalah hubungan dapat mempengaruhi hasrat seksual seseorang.

Kondisi fisiologis

Tingkat kepuasan dan kebutuhan seksual seseorang juga bisa dipengaruhi oleh faktor fisik, seperti kadar hormon, kesehatan fisik, dan perubahan tubuh seiring waktu (misalnya, selama menstruasi atau kehamilan).

Jalinan Hubungan

Kualitas hubungan dan keintiman antara pasangan juga sangat penting. Komunikasi yang baik, rasa saling percaya, dan kenyamanan bersama dapat meningkatkan keinginan untuk berhubungan seksual.

Demikianlah jawaban dari berapa lama wanita tidak tahan berhubungan intim? Sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai frekuensi ideal pasangan harus berhubungan seksual. Setiap pasangan memiliki preferensi sendiri-sendiri dalam kebutuhan melakukan aktivitas seksual. Baca juga waktu ideal bercinta bagi pasutri

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.