Bagikan:

YOGYAKARTA – Efek wanita lama tidak berhubungan seksual ternyata bisa memengaruhi kesehatan fisik maupun mental.

Alasan paling umum wanita tidak berhubungan intim yakni akibat siklus menstruasi berhenti alias menopause.

Saat henti haid, kadar estrogen menurun sehingga dorongan untuk melakukan aktivitas seksual menjadi rendah dan sulit mendapatkan orgasme.

Selain itu, menjalani hubungan jarak jauh dengan suami, sibuk bekerja dan mengrus rumah tangga, atau kondisi medis tertentu bisa jadi penyebab wanita lama tidak melakukan hubungan seks.

Efek Wanita Lama tidak Berhubungan

Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini adalah beberapa efek negatif yang mungkin terjadi jika wanita lama tidak berhubungan intim:

  1. Tidur tidak nyenyak

Efek wanita lama tidak berhubungan seks yang pertama adalah kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas atau tidurnya tidak nyenyak.

Kurang tidur bisa memengaruhi kesehatan fisik maupun mental seperti mudah merasa lelah, penurunan sistem kekebalan tubuh, kurang fokus, gangguan kecemasan, dan lain sebagainya.

  1. Gairah seksual menurun

Jika seorang wanita sudah lama tidak melakukan hubungan seksual, tubuh akan menyelesaikannya dan berhenti menginginkan aktivitas tersebut.

Perlu diketahui, ketika berhubungan badan, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang membuat seseorang mengingan kegiatan seksual dan keintiman dengan pasangan.

Apabila aktivitas tersebut lama tidak dilakukan, tubuh bisa saja tidak peka lagi terhadap hormon tersebut.

Kendati demikian, gairah seksual bisa dibangkitkan kembali dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan libido, menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan, atau berolahraga bersama pasangan.

  1. Merasa rendah diri

Sebagian wanita yang tidak melakukan hubungan seksual dalam waktu yang lama cenderung rendah diri dan enggan membuka diri ke orang lain.

  1. Aktivitas seksual akan terasa menyakitkan

Dikutip dari Romper, kembali bercinta dengan suami setelah beberapa waktu tidak melakukannya, dapat membuat vagina menjadi sakit dan kurang nyaman.

Hal ini diakibatkan kurangnya pelumasan dan dalam beberapa kasus karena wanita diliputi kecemasan.

Jika organ intim terasa sakit setelah tidak berhubungan dalam waktu yang lama, pertimbangan untuk menunda seks atau lakukan lebih banyak foreplay. Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan pelumas.

  1. Sulit mendapatkan orgasme

Apabila wanita tidak aktif berhubungan intim dalam beberapa bulan, maka bisa mengakibatkan kecemasan berlebihan sehingga susah mencapai ouncak orgasme sekalipun vagina sudah diberi rangsangan.

  1. Mudah sakit

Efek wanita lama tidak berhubungan intim yang berikutnya yakni tubuh tidak bugar dan lebih mudah sakit.

Jika aktivitas ini tidak dilakukan selama beberapa bulan, pelepasan hormon endorfin menjadi tidak optimal. Alhasil, wanita pun berisiko mengalami sakit kepala, nyeri punggung, dan keluhan umum lainnya.

  1. Fluktuasi hormon

Kendati tidak berdampak signfikan terhadap sebagian besar wanita, beberapa orang mungkin mengalami sedikit fluktuasi atau penurunan hormon akibat aktivitas seksual yang lama tidak dilakukan.

  1. Kecemasan dan depresi

Wanita yang lama tidak berhubungan seksual juga lebih rentan mengalami kecemasan dan depresi.

Menurut Rachel Needle, psikolog dan salah satu direktur Modern Sex Therapy Institute, aktivitas bercinta bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan fifik dan mental seseorang, dikutip dari Business Insider.

Menurutnya, aktivitas tersebut bisa melepaskan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi stres.

“Setidaknya untuk sementara dan menimbulkan perasaan positif yang membuat kita lebih bahagia,” tutur Needle.

  1. Atrofi vagina

Dikutip dari AI-Care, atrofi vagina merupakan sebuah kondisi dimana lapisan vagina menjadi lebih kering dan tipis akibat penurunan kadar estrogen.

Kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sudah lama tidak melakukan aktivitas seksual. Atrovi vagina bisa memicu komplikasi seperti lecet atau luka, peningkatan risiko infeksi jamur dan bakter, seperti memicu infeksi saluran kemih (ISK).

Perlu dipahami, efek lama tidak berhubungan intim bisa berbeda-beda pada setiap wanita, tergantung usia, kesehatan, dinamika houngan dengan pasangan, dan hasrat seksual.

Apabila Anda khawatir dengan dampaknya, konsultasikan ke dokter dan psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi tentang efek wanita lama tidak berhubungan. Dapatkan update berita pilihan lainya hanya di VOI.ID.