Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika sedang mendekati seseorang yang ditaksir, terkadang seorang pria atau wanita mengalami love bombing. Apakah Anda pernah berada di situasi jatuh cinta dengan seseorang, kemudian orang tersebut memberikan perhatian dan pujian yang membuatmu meleleh. 

Love bombing adalah situasi di mana Anda mendapatkan perhatian rasa kasih sayang daris eseorang yang Anda idamkan, namun tindakan tersebut tidak murni dari perasaannya. Bisa dibilang, ungkapan tersebut hanya bersifat manipulatif atau dibuat-buat untuk menyenangkanmu semata. ‘

Istilah love bombing memang cukup populer di media sosial sejak beberapa waktu belakangan. Tidak sedikit netizen yang merasa kecewa dan kesal karena memiliki pengalaman sebagai korban love bombing. Lantas bagaimana cara menghadapi love bombing agar tidak terlanjur menyesal?

Cara Menghadapi Love Bombing

Love bombing merupakan perilaku toxic relationship karena bersifat manipulatif. Pelaku love bombing sengaja membangun perasaan terbuai atau berbunga-bunga bagi korbannya. Padahal tindakan-tindakan mesra tersebut bukan berarti murni karena dirinya cinta. 

Jika dibiarkan berlarut-larut, situasi mengalami love bombing ini akan merugikan atau mengganggu kualitas hidup Anda. Begini cara menghadapi love bombing agar tidak terjebak dalam permainan cinta palsu. 

Menetapkan Batasan

Seseorang yang melakukan love bombing tidak menghargai ruang pribadi orang lain. Mereka bisa melewati batasan tanpa merasa bersalah. Jika Anda merasa terjebak, cobalah untuk menjauh dan beri tahu mereka agar tidak mengulangi perilaku tersebut. Bersikaplah tegas dan ambil keputusan untuk meninggalkan mereka jika perilaku ini terus berlanjut.

Punya Pendirian Tegas

Memiliki pendirian yang tegas juga bisa membantu Anda terhindar dari tindakan love bombing. Usahakan agar orang yang melakukan tersebut memahami perbuatan yang telah mereka lakukan selama hubungan berlangsung. 

Anda harus bersikap teguh pada pendirian untuk menyadarkan mereka bahwa tindakannya telah merugikan Anda. Ingatlah dengan baik setiap tindakan yang telah mereka lakukan dan cobalah untuk membuat mereka memahami dampaknya pada diri Anda.

Jangan Terlalu Bucin

Cara pertama untuk mengatasi love bombing adalah dengan tidak menjadi pasangan yang terlalu bergantung. Memiliki perasaan pada pasangan memang wajar, tetapi pelaku love bombing akan merasa puas jika kamu sangat tergila-gila padanya, karena itu membuatnya lebih mudah mengontrolmu.

Pikirkan kembali apakah dia memberikan pujian dan perlakuan manis secara konsisten, atau hanya saat awal-awal hubungan saja. Jika kamu masih ingin melanjutkan hubungan meskipun tahu dia adalah pelaku love bombing, buatlah batasan untuk dirimu sendiri dan jangan memberikan cinta sepenuhnya.

Jadilah Pribadi yang Mandiri

Hubungan dengan pelaku love bombing atau toxic relationship umumnya tidak bertahan lama. Meskipun sikap manisnya bisa menyenangkan, hal-hal seperti mengontrol dirimu dan membuatmu merasa bersalah bukanlah hal baik untuk dirimu.

Anda perlu menjadi mandiri dan mampu mengatasi segala sesuatunya tanpa kehadiran seseorang tersebut. Pelaku love bombing biasanya suka memberikan sesuatu kepadamu yang justru membuatmu semakin tidak berdaya. Usahakan menjadi mandiri agar Anda tidak bergantung dari orang lain.

Berbahagia Sendiri

Kunci penting agar terhindar dari love bombing adalah dengan tahu cara bahagia sendiri.  Memang tidak semua orang memahami pengalaman menjadi korban dalam hubungan toxic dan berhadapan dengan pelaku love bombing. 

Korban sering mengalami trauma mental yang signifikan, terutama jika hubungan tersebut berlangsung selama bertahun-tahun. Selain bersikap tegas pada diri sendiri, membahagiakan diri sendiri secara efektif dapat membantu melepaskan trauma tersebut secara perlahan.

Anda dapat fokus pada impian besar Anda tanpa dirinya. Misalnya mengejar karier, menghabiskan waktu jalan-jalan, melakukan kegiatan yang menjadi hobi. Dengan membahagiakan diri sendiri, Anda tidak mudah terjebak love bombing dan bisa mengatasi trauma akibat tindakan tersebut.

Rehat atau Istirahat Sejenak

Tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba menghilang dari orang tersebut untuk sementara waktu. Memutuskan kontak dengan seseorang yang berdampak negatif bisa menjadi cara untuk memulihkan diri. Proses ini memang perlu dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, hindarilah menghubungi atau berinteraksi kembali dengan orang tersebut.

Demikianlah beberapa tips mengatasi love bombing agar tidak terjebak dalam buaian palsu. Anda perlu memiliki prinsip tegas dan mandiri dalam urusan perasaan, sehingga tidak mudah terbawa dalam tindakan love bombing. Baca juga kenali tanda-tanda micro cheating pada pasanganmu

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.