Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang hobi berendam air panas disarankan untuk tahu durasi berendam yang tepat. Tidak hanya untuk memaksimalkan manfaat kesehatan untuk tubuh, pengetahuan ini membantu menekan dampak negatif akibat berendam air panas terlalu lama. Berapa lama berendam air panas yang baik tentu bergantung pada banyak hal. Bagaimana penjelasannya?

Berapa Lama Berendam Air Panas yang Baik

Terkait durasi berendam air panas yang tepat, tiap orang punya tentu berbeda-beda karena kegiatan tersebut berkaitan dengan banyak faktor, mulai dari suhu hingga kondisi kesehatan.

Dilansir dari situs Seawaypoolsntubs, ada beberapa hal yang menjadi penentu berapa lama berendam di air panas yang baik yakni sebagai berikut.

  1. Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan tempat Anda berendam air panas ikut jadi penentu sebaiknya berapa lama seseorang berendam di air panas. Suhu udara yang panas dan kering justru akan membuat tubuh makin panas saat berendam air panas. Sebaliknya, suhu yang terlalu dingin dikhawatirkan memicu pusing.

  1. Suhu Air Panas di Bak Mandi

Umumnya temperatur air panas di bak mandi tidak lebih dari 40° Celcius. Semakin rendah dari temperatur tersebut tentu Anda bisa makin lama membenamkan diri di air panas. Namun hindari temperatur yang terlalu panas agar kulit tidak melepuh.

  1. Kondisi Kesehatan

Jika kondisi kesehatan dalam kondisi yang baik, Anda tak perlu khawatir dengan berapa lama berendam di air panas dibolehkan. Sebaliknya, jika kondisi kesehatan sedang tidak memungkinkan seperti serangan jantung, stroke, dan sebagainya, tidak disarankan membenamkan tubuh di kolam air panas terlalu lama atau tanpa pendampingan. Dikhawatirkan terjadi sesuatu hingga membuat Anda tenggelam atau terkena hal buruk lainnya.

  1. Seberapa Dalam Tubuh Tenggelam

Saat merendam tubuh sambil duduk hingga sedalam leher, ada kemungkinan Anda kesulitan menyeuaikan suhu internal. Namun, durasi berendam bisa lebih lama jika kedalamannya cukup sampai dada.

Terkait berapa lama berendam air panas yang baik, disarankan dalam waktu 15 hingga 30 menit. Anda bisa berendam di air panas selama 45 menit sampai 1 jam namun jangan terlalu sering dan memperhatikan berbagai faktor terutama kesehatan. Durasi harus disesuaikan dengan kenyamanan dan keamanan sehingga manfaat kesehatan bisa didapatkan.

Manfaat Berendam Air Panas untuk Kesehatan

Berendam air hangat memang sangat direkomendasikan karena ada beberapa manfaat yang didapat yakni sebagai berikut.

  1. Redakan nyeri otot
  2. Meningkatkan kualitas tidur
  3. Atasi sembelit
  4. Redakan wasir
  5. Bantu atasi masalah kulit
  6. Menekan stres
  7. Napas jadi lega
  8. Melancarkan peredaran darah

Selain terkait berapa lama berendam air panas yang baik, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.