Aturan Mandi Setelah Olahraga
Ilustrasi mandi dengan air bersih untuk tingkatkan kualitas kesehatan tubuh. (ANTARA-HO-Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mandi setelah olahraga memang sangat menyegarkan tubuh. Selain itu, mandi setelah olahraga juga bermanfaat untuk tubuh karena membantu pemulihan otot hingga meningkatkan mood. Namun, bagaimana aturan mandi setelah olahraga agar tidak berbahaya untuk kesehatan?

Aturan Mandi Setelah Olahraga

Dikutip dari Times of India, setelah olahraga disarankan untuk memberikan jeda selama 20 menit sebelum mandi. Anda juga harus melakukan pendinginan setelah berolahraga untuk mengembalikan tubuh ke mode istirahatnya sehingga kesehatan jadi lebih terjaga. Selain itu, melakukan pendinginan setelah olahraga akan membantu detak jantung dan suhu tubuh kembali normal.

Setelah Anda olahraga juga disarankan untuk menunggu hingga keringat kering. Waktu tunggu pun beragam mulai dari 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya mandi. Sembari menunggu, Anda bisa mengonsumsi banyak air, jus, atau mengonsumsi buah untuk menambah cairan tubuh.

Jika keringat kering dan tubuh sudah kembali normal, Anda baru bisa mandi baik dengan air hangat maupun air dingin. Keduanya sama-sama baik bagi tubuh.

Dikutip dari AI Care, mandi air dingin setelah olahraga memiliki beberapa manfaat yakni sebagai berikut.

  • Meredakan gatal di kulit yang disebabkan karena keringat atau kotoran yang menempel
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Meredakan nyeri otot karena olahraga
  • Menyehatkan kulit dan rambut
  • Menurunkan stres tubuh

Mandi air hangat juga punya manfaat baik bagi tubuh yakni sebagai berikut.

  • Membantu menyehatkan kardiovaskular
  • Meredakan sendi yang kaku dan otot yang lelah
  • Menjaga kesehatan otak serta saraf
  • Menambah kualitas tidur
  • Membantu memperlancar peredaran darah ke otot dan sendi

Tips Mandi Setelah Olahraga

Ada beberapa tips mandi setelah olahraga yang bisa diikuti. Tips ini akan membantu memperkecil risiko yang mungkin muncul karena mandi setelah olahraga.

  1. Beri Jeda

Dijelaskan di awal, setelah olahraga tidak disarankan untuk langsung mandi. Anda harus menunggu beberapa saat untuk mengembalikan tubuh ke mode istirahat.

  1. Lakukan Pendinginan

Pendinginan berguna untuk mengembalikan tubuh kembali rileks. Pendinginan sendiri dilakukan dengan melakukan gerakan ringan. Hindari melakukan gerakan yang memakan banyak energi atau membuat tubuh kembali bekerja keras.

  1. Konsumsi Air atau Buah

Setelah olahraga, tubuh akan kehilangan cairan yang dikeluarkan lewat keringat. Sembari menunggu keringat kering cobalah untuk mengonsumi air atau mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, dan sebagainya.

  1. Hindari Air yang Terlalu Dingin atau Terlalu Panas

Hindari mandi dengan air yang terlalu dingin. Perlu diketahui bahwa tubuh akan panas setelah olahraga. Meski telah memberi jeda sebelum mandi, disarankan untuk mandi dengan suhu ruangan atau mandi air hangat, tapi jangan terlalu panas. Mandi dengan air yang terlalu dingin akan memicu perubahan suhu secara mendadak pada tubuh.

  1. Hindari Sabun Berbahan Keras

Saat mandi setelah olahraga hindari penggunaan sabun berbahan keras. Anda bisa menggunakan sabun yang ramah terhadap tubuh.

Itulah informasi terkait mandi setelah olahraga. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.