5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan yang <i>Gak</i> Bisa Dianggap Remeh
Ilustrasi manfaat mandi untuk kesehatan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mandi atau berendam merupakan preferensi personal. Tetapi menurut data yang dilaporkan Harvard Health Publishing, sebanyak dua per tiga orang Amerika mandi setiap hari. Mandi ternyata punya manfaat besar dalam mengatur suhu inti tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan berkaitan dengan suasana hati. Tak sepele bukan? Untuk mengetahui detailnya, berikut ini penjelasannya.

1. Mandi meredakan nyeri sendi dan otot

Stres, ketegangan, cedera, dan nyeri otot setelah olahraga ataupun karena rheumatoid arthritis, cobalah mempertimbangkan untuk mandi air hangat. Ini dapat membantu meredakan nyeri sendi berkat suhu dan tekanan air yang lembut membasuh kulit.

Pemandian air panas adalah contoh termoterapi, terkadang disebut pemanasan pasif. Jenis terapi ini berbagi beberapa manfaat olahraga yang sama, termasuk perbaikan peradangan tingkat rendah kronis, menurut ulasan yang diterbitkan pada Desember 2020 di Journal of Applied Physiology. Kalau berendam menghabiskan waktu terlalu lama, mandi cepat juga sama manfaatnya. Yaitu untuk mengurangi peradangan, dilansir Cleveland Clinic, Jumat, 3 Maret.

manfaat mandi untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat mandi untuk kesehatan (Freepik/user18526052)

2. Menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung

Terapi panas pasif dan berendam air panas tidak boleh menggantikan olahraga dalam rutinitas Anda. Tetapi keduanya memiliki manfaat kardiovaskular yang serupa bagi mereka yang tidak punya waktu untuk berolahraga. Misalnya untuk wanita dan pria usia lanjut. Menurut penelitian, mandi sauna dikaitkan dengan penurunan frekuensi kasus kardiovaskular dan kematian. Penelitian lain yang diterbitkan tahun 2020, menemukan bahwa pria Jepang yang lebih sering berendam air hangat memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang mandi.

Tetapi bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah harus berhati-hati. Karena mandi air hangat dan sauna menyebabkan pembuluh darah melebad, darah lebih mudah mengalir, menurunkan tekanan darah, dan menyebabkan pusing ringan.

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Menurut Jeffrey Gladd, MD., spesialis pengobatab integrative di Columbia, Indiana, mandi air hangat meningkatkan relaksasi dengan meningkatkan suhu inti tubuh. Selama ribuan tahun, orang-orang mandi untuk merasakan enak di tubuh. Tetapi tak hanya itu, mandi juga menenangkan pikiran. Mandi air hangat, juga jadi salah satu perawatan diri karena menciptakan rasa tenang baik pikiran, tubuh, mental.

manfaat mandi untuk kesehatan
Ilustrasi manfaat mandi untuk kesehatan (Freepik)

4. Mendapatkan tidur nyenyak

Tidak cukup tidur menurut CDC diperkirakan dialami sepertiga orang Amerika. Bagaimana dengan orang Indonesia? Nah, kalau Anda termasuk sulit tidur malam hari, maka bisa menyempatkan waktu mandi air hangat selepas beraktivitas. Menurut Gladd, cara ini akan membantu Anda lebih mudah tertidur dan mendapatkan tidur berkualitas.

5. Melembapkan kulit

Berendam dalam air hangat atau bahkan panas memang sangat memuaskan, tetapi mungkin bukan pilihan yang paling baik untuk kulit Anda.

“Berendam dalam air suam-suam kuku dapat bermanfaat untuk hidrasi kulit,” kata Beth G. Goldstein, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Central Dermatology Center di Chapel Hill, North Carolina.

Tetapi air panas bisa menyebabkan kulit kehilangan air, catat Dr. Goldstein. Jika airnya terlalu panas, mandi juga bisa menghilangkan minyak alami kulit, membuatnya kering, menurut American Academy of Dermatology (AAD). AAD merekomendasikan untuk suhu suam-suam kuku dan membatasi mandi hingga 10 menit atau kurang. Goldstein merekomendasikan pelembab setelah mandi untuk mengunci kelembapan.

Apakah mandi dengan air hangat atau air suhu ruangan jadi andalan Anda untuk mendapatkan sejumlah manfaatnya?