Bernyanyi saat Mandi Efektif Tingkatkan Imunitas Tubuh
Bernyanyi saat mandi (Freepik/freepik)

Bagikan:

JAKARTA – Di samping memperhatikan makanan yang mengandung nutrisi baik, ada cara efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berdasarkan penelitian ilmiah, caranya cukup simple. Bernyanyi saat mandi, ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satunya, meningkatkan imunitas tubuh. Di samping meningkatkan imunitas tubuh, bernyanyi saat mandi juga meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki rasa percaya diri dan memicu produksi hormon bahagia.

Bernyanyi ketika mandi dapat mengoksidasi darah dan menurunkan tekanan darah. Kedua hal tersebut secara umum bisa meningkatkan kesehatan dan melewatkan hari dengan lebih bersemangat. Peneliti di Manchester University juga menyarankan frekuensi nada yang dinyanyikan sehingga dapat merangsang kerja maksimal kelenjar tiroid.

Frekuensi nada rendah yang disarankan untuk dinyanyikan berdasarkan penelitian yang menemukan sacculus, organ kecil di telinga bagian dalam, terhubung dengan otak. Bernyanyi dengan suara rendah dan setengah bergumam bisa merangsang kelenjar pineal, kelenjar tiroid dan merangsang pankreas mengatur gula darah.

Sacculus bisa memicu perasaan senang, pun hanya dengan mendengarkan musik berfrekuensi rendah. Lantas, bagaimana efeknya jika menyanyi dan didengarkan orang lain? Di luar kamar mandi, bernyanyi juga memiliki manfaat bagi yang mendengarkan.

Terapi musik yang pernah dituliskan dalam majalah musik The Etude, dikatakan bahwa sejak tahun 1891 hingga 1949 bernyanyi memiliki manfaat kesehatan. Keuntungan bernyanyi dijelaskan dapat memengaruhi kesehatan fisik dan psikologis. Sejak akhir abad 19-an akhirnya terapi musik disarankan untuk dilakukan pada orang sakit.

Jika merasa suara terdengar lebih merdu di kamar mandi, ini wajar. Karena efek akustik musik dan gema efek ruangan membuat suara terdengar melebihi kualitas vokal penyanyi profesional. Tak ada salahnya mencoba melakukan kebiasaan ini.

Keuntungannya, bisa bernyanyi sebebas mungkin. Melakukan improvisasi sebisa mungkin dan paling penting, mendapatkan manfaat kesehatan baik pada tubuh maupun mental. Dilansir oleh Lifehack, kemungkinan besar yang bernyanyi saat mandi memiliki rasa percaya diri yang cukup. Jika membutuhkan iringan suara musik, boleh juga mengencangkan speaker dan mendengarkan musik sambil mandi.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, dengan bernyanyi tubuh bisa melepaskan oksitosin. Oksitosin bertanggung jawab atas meningkatnya rasa percaya dan ikatan. Lebih jauh lagi, untuk memiliki kehidupan sosial yang baik maka bernyanyilah.

Terakhir, bernyanyi dapat mengurangi stres. Dengan bernyanyi, paru-paru terlatih menghirup oksigen lebih banyak. Efeknya, tingkat stres menurun dan rasa gugup serta kecemasan terselesaikan sementara waktu. Berkaitan dengan itu, stres juga bisa dipicu oleh sistem pernapasan yang pendek. Jadi, olah vokal saat mandi secara langsung melatih napas, menyehatkan tubuh, mengendorkan ketegangan dan rasa cemas.