Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak di Tengah Pandemi COVID-19
Ilustrasi (Tanya Gorelova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Daya tahan tubuh ibarat mekanisme pertahanan tubuh anak dalam melawan penyakit. Ketika tubuh sehat, sistem kekebalan tubuh berarti sedang bekerja optimal. Namun ada kalanya, daya tahan tubuh drop sehingga anak rentan sakit. Di masa pandemi sekarang ini, menjaga imunitas tubuh agar tetap fit merupakan sebuah keharusan, terutama pada anak-anak.

Ada banyak cara yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan daya tubuh anak dalam melawan berbagai kuman, virus, dan bakteri. Upaya ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh mereka dengan menerapkan kebiasaan sehat.

Dalam sebuah webinar nasional yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Juli, bertajuk Pemilihan Nutrisi Yang Tepat Untuk Anak, Cara Tingkatkan Imun Di Tengah Lonjakan Covid 19 yang diselenggarakan oleh Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) dan PP Muslimat NU, salah seorang narasumber yaitu Dr. dr. Meta Hanindita SpA.KK menjabarkan empat hal yang bisa orang tua terapkan dalam menjaga imunitas anak di masa pandemi sekarang ini. Apa saja upaya-upaya tersebut?

Memenuhi kebutuhan susu

ASI atau susu formula merupakan minuman yang tepat untuk menjaga imunitas anak. Pasalnya, ASI mengandung kolostrum yang berperan sebagai antibodi untuk si kecil. Pun dengan susu formula, di dalamnya terdapat nutrisi pelengkap seperti Omega 3, prebiotik, probiotik dan DHA yang juga menunjang kekebalan tubuh anak.

Sayangnya, sebagian orang masih memberikan susu kental manis pada anak-anaknya karena mereka menganggap susu kental manis merupakan susu.  Pemberian susu kental manis sebagai pengganti ASI maupun susu formula sangat tidak tepat sebab susu kental manis mengandung lebih banyak gula dibanding nutrisi yang diperlukan anak. 

また読む:


- https://voi.id/lifestyle/67499/tips-mudah-mengatasi-anosmia-saat-tertular-covid-19

- https://voi.id/lifestyle/67481/selain-wajib-vaksin-menurut-studi-kopi-diklaim-ampuh-cegah-keparahan-infeksi-covid-19

- https://voi.id/lifestyle/67377/cara-mengedukasi-anak-soal-pandemi-covid-19

- https://voi.id/lifestyle/67388/maia-estianty-kirim-dokter-ke-rumah-ahmad-dhani-al-ghozali-sembuh-covid-19-dalam-lima-har

- https://voi.id/lifestyle/67134/kenali-segera-7-tanda-imun-tubuh-sedang-menurun

[/see_also]

Memberikan makanan kaya nutrisi

Anak membutuhkan makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein, serta mikronutrien termasuk vitamin dan mineral untuk mendukung sistem imunitas serta tumbuh kembangnya. Pola makan yang ideal adalah dengan menerapkan pola makan seimbang bervariasi dan memenuhi kebutuhan anak. Dengan memberikan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak selama masa pandemi. 

Prioritaskan waktu tidur untuk anak

Tidur yang cukup juga merupakan hal penting dalam menjaga imunitas anak di masa pandemi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit dengan mengurangi sel pembunuh alami yang bisa menyerang mikroba dan sel kanker.

Hj. Zaskia Adya Mecca, salah satu narasumber dalam webinar tersebut juga memberi penjelasan bahwa anak yang kurang tidur memang rentan terhadap penyakit. Ini berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri, dimana dua orang anaknya pernah terpapar COVID-19 di saat imunitas tubuh sedang lemah karena kurangnya jam tidur.

Jaga kebahagiaan anak

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah perasaan hati yang senang. Jika hati gembira, antibodi pun dapat bekerja optimal memelihara tubuh. Peran orang tua dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh menentukan perasaan hati anak.

Ajak anak bermain di luar rumah sesekali agar moodnya tetap stabil dan tetap perhatikan protokol kesehatan. Mengajak anak tetap aktif berkegiatan juga merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh si kecil dan menghindarkannya dari pola hidup Sedentary Lifestyle.