Pandemi Belum Usai, Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Vaksin Lengkap COVID-19
Tenaga medis telah melakukan vaksinasi booster dosis kedua

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti program vaksinasi COVID-19 dosis lengkap hingga booster kedua, sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh.

"Pandemi belum selesai. Untuk meningkatkan kekebalan dan antisipasi pribadi, tentu sangat baik kita mendapatkan booster kedua," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dikutip ANTARA, Jumat 10 Februari.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi nasional sedang menghadapi tantangan di tengah kondisi penularan COVID-19 yang relatif terkendali. Menurutnya, masyarakat rentan cenderung abai dengan peningkatan imunitas, padahal sampai saat ini terus bermunculan varian baru.

Menghadapi kondisi tersebut, kata dia, pemerintah terus berusaha mengedukasi masyarakat tentang manfaat vaksin lengkap sampai booster kedua. Selain itu, kata dia, penerapan protokol kesehatan (prokes) juga penting untuk melindungi diri.

Secara terpisah Ahli Kesehatan Lingkungan dan Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman mengatakan cakupan vaksinasi booster harus terus diperluas, khususnya saat memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi.

Upaya memperkuat imunitas penting, kata dia, karena meski memasuki masa transisi bukan berarti virus sudah hilang.

Selain penguatan vaksin booster, Dicky mendorong pemerintah untuk mampu menyediakan vaksin di seluruh Indonesia yang mudah diakses oleh masyarakat.

"Kalau misalnya nanti vaksinnya berbayar karena pandeminya sudah dicabut misalnya, (harga) harus terjangkau. Artinya harus mulai dengan pilihan yang banyak, itu harus murah," ujar Dicky.