Bagikan:

JAKARTA - Sistem imun berperan penting dalam mendukung prestasi anak. Sebab kesehatan yang baik secara langsung memengaruhi kemampuan belajar dan performa akademik anak. Itulah sebabnya sangat penting menjaga kesehatan anak. 

Dokter Spesialis Anak, dr.Attila Dewanti, Sp.A (K) membagikan empat tips bagi orang tua menjaga imunitas tubuh anak. Seperti yang diinformasikan melalui webinar Bicara Gizi dengan tema Dukung Anak Tumbuh Jadi Pemenang: Optimalkan Sistem Imun dan Perkembangan Otaknya yang diselenggarakan Nutricia pada Kamis, 25 Juli.

Pertama, yaitu vaksinasi lengkap sesuai umur. Pemberian vaksin akan melindungi tubuh anak terhadap infeksi sejumlah penyakit menular di masa datang. Tidak hanya menghindarkan anak dari serangan penyakit serius, vaksinasi anak juga bisa melindungi masyarakat yang lebih luas. Hal itu karena imunisasi membantu meminimalkan terjadinya penyebaran penyakit.

Kedua, memberikan makanan bergizi dengan menu gizi seimbang serta cukupi kebutuhan cairan. Anda bisa memberikan makanan yang kaya probiotik seperti kacang-kacangan, pisang, apel, semangka, dan bawang bombay. Serta prebiotik sepeti tempe, yoghurt, kimchi, dan kefir. Pun, makanan sumber DHA seperti ikan laut.

Ketiga, ajak anak melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan umurnya. Salah satu aktivitas fisik yang bisa lakukan yaitu bermain. Bermain bisa meningkatkan fungsi kardiovaskular, termasuk bermain secara fisik di dalam ruangan atau di sekolah. Bermain juga bisa tingkatkan kemampuan bersosial anak, pun berkeringat saat bermain dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

Terakhir, tidur yang cukup. Tidur pada anak merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tidur bermanfaat memicu pertumbuhan tubuh dan otak, memperbaiki sel sel tubuh, memulihkan tubuh agar kembali optimal, serta meningkatkan fungsi daya tahan tubuh.

Sebagai orang tua, penting untuk diingat kalau sistem imun yang sehat membantu memastikan anak tetap aktif, belajar dengan baik, dan berkembang secara optimal.