Bagikan:

YOGYAKARTA – Bayi baru lahir memiliki sistem imun yang masih lemah, sehingga lebih berisiko terkena penyakit infeksi. Oleh sebab itu, orang tua perlu meningkatkan daya tahan tubuh si buah hati agar dapat melawan infeksi kuman yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Lantas, bagaimana agar imun bayi kuat?

Bagaimana Agar Imun Bayi Kuat?

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 5 Mei 2024, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar imun bayi kuat.

1. Pastikan bayi mendapatkan cukup ASI

ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber asupan nutrisi bagi baru lahir. Di dalam ASI terdapat banyak kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi, seperti:

  • Protein
  • Lemak
  • Gula
  • Antibodi
  • Probiotik

Menyadur laman Cleavland Clinic, bayi yang diberi ASI ekslusif selama 6 bulan lebih jarang mengalami alergi.

Akan tetapi, bila Anda mengalami kondisi tertentu sehingga tidak dapat memberikan ASI ekslusif pada si buah hati, Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter untuk memilih nutrisi alternatif pada buah hati.

2. Konsumsi makanan bergizi

Bila si kecil mulai belajar mengonsumsi makanan pendamping ASI, Anda bisa memberikan asupan makanan yang bergizi.

Academy of Diabetics and Nutrition menyarankan agar makanan untuk bayi diolah dengan cara dipanggang atau dikukus.

Selain itu, orang tua juga disarankan untuk tidak memberikan makanan olaha yang memiliki tambahan gula dan lemak pada bayi.

Memberikan makanan bergizi pada si buah hati dapat membantu meningkatkan imun bayi.

3. Melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan

Melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Akan tetapi, bayi belum bisa berolahraga seperti orang dewasa.

Sebagai gantinya, ajak si kecil untuk melakukan kegiatan bermain yang menyenangkan. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan sistem imun, namun juga membantu bayi mengembangkan tahap perkembangan dari segi motorik dan kognitif.

4. Menghidari pemicu stres pada bayi

Stres tidak hanya bisa alami oleh orang dewasa, stres juga dapat terjadi pada bayi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pola asuh orang tua yang tidak tepat, sehingga mengganggu kesehatan mental bayi.

Menukil laman Houston Methodist, stres dapat menekan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh lebih rentan terkena penyakit.

5. Istirahat yang cukup

Menyadur laman Sleep Foundation, tidur yang cukup dapat menyokong sistem kekebalan tubuh yang memungkinkan kekebalan seimbang.

Sistem imun juga memengaruhi respon tubuh terhadap vaksin dan reaksi alergi yang tidak terlalu parah.

Sebaliknya, kurang tidur akan mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga berlaku pada bayi.

Oleh sebab itu, pastikan si kecil menjalani siklus tidur yang sehat. Jika anak susah tidur, lakukan relaksasi yang bisa membantunya merasa nyaman.

Demikian informasi tentang bagaimana agar imun bayi kuat. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.